• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Video Podcast

Pesona Air Terjun Tiga Tingkat di Palupuah Kabupaten Agam

13 January
21:32 2020

KBRN, Agam : Keberadaan Sarasah (Air Terjun) tiga tingkat di Jorong Sungai Guntuang Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam Sumatera Barat yang mulai dikenal masyarakat, membuat objek wisata yang terpencil ini mulai dilirik pengunjung, apalagi setelah dibangunnya sarana dan prasarana pendukung terutama jalan menuju objek wisata yang sangat indah dipandang mata tersebut.

Panorama alam Sungai Guntuang yang masih asri dan berada di ketinggian ini, menarik minat sejumlah wartawan asal Kota Bukittinggi untuk menelusurinya.

Di dalam perjalanan dari Kota Bukittinggi ke lokasi ini, disuguhi dengan indahnya hamparan persawahan, jernihnya sungai dan aneka flora dan fauna yang terdapat di hutan yang masih terjaga, dan Sarasah (Air Terjun) tiga tingkat ini didukung dengan pesona alam yang menawan, ekosistem alam berupa hutan masih terjaga dengan baik, belum air sungainya bersih, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang.

Wali Nagari Pasia Laweh Zul Arfin, Senin (13/1/2020), mengatakan, lokasi objek wisata ini berada di kilometer 17 Jalan Raya Bukittinggi-Pasaman, dan pengunjung belok ke kanan di persimpangan jalan, sekitar 10 kilometer barulah sampai di lokasi.

Destinasi wisata ini dikembangkan pada tahun 2017 lalu, dahulunya akses jalan menuju lokasi air terjun sangat sulit melewati hutan dengan track yang cukup berat, namun sekarang pengunjung sudah dapat membawa kendaraannya hingga sampai ke lokasi air terjun.

Menurut Zul Arfin, pembenahan dilakukan menggunakan dana desa, dan sebelumnya juga dibantu oleh dana pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, dan saat ini pengelolaannya diserahkan pada pemuda di Jorong Sungai Guntuang. (YPA)

Tentang Penulis

Yudi Prama Agustino

Reporter dan Editor RRI Bukittinggi

00:00:00 / 00:00:00