• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

Pramuka Kubar Raih Juara Dalam 3 Kategori Lomba Patriot Lingkungan Tingkat Provinsi

9 October
21:48 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melalui Kwartir Ranting Pramuka Bongan sukses meraih juara dalam beberapa Kategori Lomba Pramuka Patriot Lingkungan, yang digelar oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Timur (Kaltim), tahun 2019 ini.

Pembina Kwartir Ranting Bongan, Suwono kepada RRI Sendawar, Rabu (9/10/2019) mengatakan, Lomba tersebut dilaksanakan dengan Meng-Upload Foto kegiatan Daur Ulang Sampah Plastik dan Bhakti Sosial menggunakan Hashtag Partiot Lingkungan di Media Sosial Facebook.

Dengan empat kategori lomba yakni, Kategori Golongan Siaga, Kategori Golongan Penggalang, Kategori Golongan Penegak/Pandega dan Kategori dengan Like terbanyak. Penilaian dilakukan oleh panitia penyelenggara sesuai ketentuan yang intinya berbuat untuk Bangsa.

“Kalau kami, untuk yang Siaga itu menanam Jahe dan mendaur ulang sampah plastik menjadi sebuah gaun. Kemudian untuk golongan Penggalang memang kita tidak ada ikut. Terus untuk Golongan Penegak, kami membersihkan Sampah Plastik di Pinggir-pinggir jalan Kampung Muara Kedang dan Rumah Ibadah,”katanya.

Dalam Lomba Pramuka Patriot Lingkungan tersebut, lanjut Suwono, pihaknya berhasil meraih juara pada 3 dari 4 kategori lomba, bahkan menjadi juara umum pada salah satu kategori lomba yakni, kategori Golongan Siaga yang diraih oleh Nabila Afrina F (Juara I). Kemudian Silva Amanda Putri (Juara II) dari Gugus Depan Aji Bidara Putri dan Muhammad Nur Fajar (Juara III) dari Gugus Depan Awang Long, Kwartir Ranting Bongan.

Sementara, Herlida dari Gugus Depan DKR Ranting Bongan sukses meraih Juara I dalam Kategori Penegak, dan Ahmad Ibnu Sina sebagai Juara dalam kategori dengan Like terbanyak, yakni 169 like.

“Kami tidak melihat kalau ada lomba baru action, tapi persiapan kami itu, dalam seminggu kadang latihan sekali atau dua kali yang tentunya dalam pendampingan pembinanya. Jadi tidak ada bahasa kalau mau lomba baru latihan, jadi kami memang sudah sangat siap, seperti tanaman jahe itu, itu sudah lama, bahkan sudah hampir panen ini,”tandasnya.

Baca Juga: Buka GSCC, Bupati Kubar: Pramuka akan Jadi Jawaban Situasi Kaum Muda Saat ini Buka GSCC, Bupati Kubar: Pramuka akan Jadi Jawaban Situasi Kaum Muda Saat ini

Menanggapi prestasi tersebut, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kutai Barat Yakobus Yamon mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi baik kepada anggota maupun pembina gugus depan yang ada di Kwartir Ranting Pramuka Bongan karena sudah mengharumkan nama Kubar dilevel Provinsi.

“Ini menandakan bahwa generasi-generasi muda kita mampu bersaing dengan daerah lain, dan semoga ini menjadi contoh buat generasi muda yang lainnya di Kubar. Terutama dalam menjaga lingkungan kita agar tetap bersih, seperti yang terus didengung-dengungkan oleh Pak Bupati sealama ini. Pertahankan prestasi ini dan terus tingkatkan,”imbuhnya

Yakobus Yamon menghimbau, kepada seluruh Pramuka Kutai Barat agar tak hentinya berinovasi dan berkreasi guna mewujudkan manusia yang berkualitas menuju hari esok yang lebih baik dari pada hari ini, di Bumi Tanaa Purai Ngerimaan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00