• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Semarang Berharap Menjadi Kota Wisata Bersih ASEAN

12 October
23:57 2017
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Pemerintah Kota Semarang sedang melakukan pembenahan dan peningkatan kualitas lingkungan Kota sebagai upaya mendapatkan gelar Kota Wisata Bersih Se-Asia Tenggara (ASEAN). Semarang bersaing dengan enam kota dan kabupaten lainnya yang terpilih menjadi nominasi Kota Wisata Bersih ASEAN, yaitu Kabupaten Buleleng, Kabupaten Banyuwangi, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Surakarta dan Kota Bandung.

“Kota WIsata Bersih tingkat ASEAN ini merupakan kompetisi yang pertama kali digelar guna mendukung peningkatan kepuasan dan jumlah pengunjung serta menjawab isu perlindungan lingkungan terhadap perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan,” jelas Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Giarsito Sapto Putratmo, Kamis  (12/10/2017).

Dalam kompetisi ini masing-masing kota yang terpilih menjadi nominasi, dilakukan penilaian lapangan dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Hasil penilaian lapangan yang mampu memenuhi 60 % kriteria berhak menyandang status sebagai Kota Wisata Bersih ASEAN (ASEAN Clean Tourist City Award) 2018, selama tiga tahun.

“Penilaiannya sudah dilakukan tanggal 2 sampai 4 Oktober kemarin. Jadi dari hasil jawaban dan dukungan secara administrasi yang kita kirim ke Kementerian Pariwisata, itu kan mereka cek lapangan (melakukan penilaian). Dari hasil penilaian kemarin nilai kita masih diatas standar, tapi kalau ada yang kurang bisa ditingkatkan lagi, nilainya bisa naik lagi,” imbuhnya.

Giarsito menjelaskan, hingga kini penilaian masih tetap berjalan.

“Untuk meningkatkan nilai, Pemerintah Kota Semarang melakukan upaya pembenahan dan peningkatan saranan prasarana Kota Semarang yang berkaitas dengan aspek pengelolaan lingkungan, kebersihan, penanganan limbah, perlindungan lingkungan dan kebersihan, ruang hijau, keselamatan, kesehatan dan keamanan kota, serta infrastuktur dan fasilitas pariwisata,” pungkas Giarsito. (Ayu/DNA).

  • Tentang Penulis

    Donny Nur Arbayanto

    Redaktur dan Reporter RRI Semarang

  • Tentang Editor

    Admin Semarang

    System Admin RRI Semarang<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00