• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Parpol di Buleleng Inginkan Penataan Ulang Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

14 February
00:17 2018
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Penataan daerah pemilihan atau dapil pada Pemilu 2019 termasuk alokasi kursi anggota DPRD Buleleng telah dilakukan uji publik oleh KPU Buleleng dengan melibatkan sejumlah partai politik.

Namun demikian sejumlah parpol menginginakan untuk dilakukan penataan ulang dapil dan alokasi kursi DPRD Buleleng, sebab KPU Buleleng dalam uji publik itu mengusulkan dapil Buleleng 1 meliputi kecamatan Buleleng 10 kursi, dapil Buleleng 2 meliputi Kecamatan Sawan 5 kursi, dapil Buleleng 3 meliputi Kecamatan Kubutambahan dan Tejakula 8 Kursi, dapil Buleleng 4 meliputi Kecamatan Seririt dan Gerokgak 9 Kursi, dapil Buleleng 5 meliputi Kecamatan Busungbiu dan Banjar 8 Kursi dan Dapil Buleleng 6 Kecamatan Sukasada 6 Kursi, dengan total alokasi kursi di DPRD Buleleng mencapai 45 kursi.

Komisioner KPU Buleleng, Nyoman Gede Cakra Budaya menyikapi usulan kembali penataan dapil, Selasa (13/2/2018) mengatakan, KPU Buleleng akan tetap menerima usulan dari parpol dengan kajian secara tertulis untuk diteruskan ke KPU Provinsi Bali dan KPU RI.

Secara umum, sejumlah parpol menginginkan penambahan satu dapil lagi dimana Kecamatan Gerokgak menjadi dapil tersendiri dan Seririt juga menjadi dapil tersendiri. Selain itu ada juga parpol mengusulan Seririt digabungkan dengan Busungbiu dalam satu dapil.

Namun demikian keputusan penataan dapil dan alokasi kursi DPRD Buleleng akan diputuskan oleh KPU RI setelah menimbang berbagai usulan yang masuk dari masyarakat maupun parpol. (MAS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00