• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Belum Tahu Nyoblos, Pemilih Pemula Minta Simulasi Pencoblosan Kertas Suara

14 March
00:28 2018
1 Votes (5)

KBRN, Sungailiat; Sebagian mata pilih pemula Pilkada Serentak di Kabupaten Bangka berharap adanya simulasi pencoblosan kertas suara yang sah, baik oleh penyelenggara Pilkada maupun Paslon Bupati Wakil Bupati Bangka 2018.

"Belum tahu cara nyoblosnya pak," ujar Tomi Krisdianto Selasa (13/3 /2018) yang mengaku sudah terdaftar sebagai mata pilih pemula di Desa Pugul. 

Tomi yang kini berstatus pelajar kelas 11 SMK Negeri 2 Sungailiat berniat siap menyalurkan hak suaranya pada hari H Pilkada 27 Juni 2018, untuk memilih satu diantara tiga paslon Bupati Wakil Bupati Bangka. 

Tomi, seorang pelajar yang mengaku lahir di tahun 2001 itu mengaku dirinya bersama keluarganya sudah didatangi petugas pemutakhiran data pemilih saat berlangsung tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. Kepastian dirinya terdata dibuktikan dengan selembar  data hasil coklit yang ditempel di depan rumahnya. 

"Pencoblosan kertas suara itu kan terjadi pada tanggal 27 Juni 2018. Pencoblosanya dilakukan di TPS untuk memilih pemimpin yang jadi Bupati Wakil Bupati Bangka," kata Tomi yang tahu itu dari informasi yang berkembang. 

Lain halnya dengan Nita Sari pelajar yang juga dari SMK Negeri 2 Sungailiat. Dia mengaku sempat tahu dari simulasi tata cara mencoblos kertas suara. 

"Yang dicoblos itu kan nomor urut paslonnya ya pak," kata Nita Sari 

Pengetahuan itu, dia dapatkan pada saat mengikuti acara Kampanye paslon Pilkada di Balai Desa Air Layang, itu pun pertama kalinya dia ikuti dimana saat itu  bersama masyarakat desa lainnya kedatangan paslon Bupati Wakil Bupati Bangka. (LG) 

  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00