• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Strategi Kafilah Beltim Untuk MTQ Provinsi

16 April
23:21 2018
0 Votes (0)

KBRN, Manggar: Pemkab Belitung Timur akan mengirimkan 31 orang qori dan qoriah  untuk mengikuti ajang Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) VIII Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung di Pangkalpinang, 6 - 11 Mei 2018 mendatang.

Sebelum diberangkatkan, para jawara MTQ tingkat Kabupaten Beltim itu harus ikut pelatihan pusat terlebih dulu. Mereka diasramakan di Hotel Simpang 4 Manggar, selama 4 hari, dari Senin, (16/4/2018) hingga Kamis, (19/4/2018).

Dalam ajang dua tahun sekali ini, Pemkab Beltim akan mengikuti 12 cabang dari 15 cabang yang dilombakan. Tilawah golongan Tartil, anak-anak, remaja, dan dewasa, Cabang Qiraat Sab’ah, CabangHifzil Qur’an Golongan 1 Juz, dan 5 juz, Cabang Fahmil Quran, Sharhil Quran danCabang KhoAl-Quran golongan Naskah,Mushab dan Dekorasi.    

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Beltim, H. Sumardi mengatakan sudah punya strategi untuk mendongkrak prestasi qori/qoriah Beltim di ajang MTQ Tingkat Provinsi. Seperti untuk Cabang Tilawah, akan memperkenalkan lagu-lagu dengan variasi-variasi terbaru.

"Cabang Tartil, kita fokus dengan perbaikan tajwid, fashohah dan memperhalus iramanya. Cabang Syarhil kita genjot di ketiga item penilaian, yaitu tilawah, terjemah, dan syarah dengan standar nasional,” beber Sumardi saat Pembukaan Traning Center Qori dan Qoriah di Hotel Simpang 4 Manggar, Senin, (16/4/2018).

LPTQ Kabupaten Beltim juga akan memperlancar fasilitas dan paket-paket soal MTQ Nasional yang berasal dari kurikulum Madrasah Tsaniah dan Madrasah Aliyah.

“Untuk Cabang Khot, kami fokus untuk memahami kebersihan dan kerapian serta keindahan hiasan,” ungkap Sumardi.

Jika dua tahun lalu prestasi Kabupaten Beltim masih kurang memuaskan, maka untuk MTQ tahun 2018 ini, Sumardi optimis prestasi qori / qoriah dapat bertengger di tiga besar.

“Insyaallah target bisa tahun ini harus minimal tiga dari 7 Kabupaten / Kota se Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Kami mohon doa dan bantuan dari seluruh masyarakat Kabupaten Beltim, ”ujar mantan qori era tahun 90-an tersebut. (FA / SR)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00