• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Permohonan Anggaran Disetujui Kemendag, Maret Proyek Pasar Klewer Timur Lelang Tender

13 February
23:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) akhirnya menyetujui permohonan Pemkot Surakarta untuk menanggung tambahan anggaran revitalisasi Pasar Klewer Timur sebesar Rp 9 miliar. Kini proses pencairan anggarannya tinggal menunggu persetujuan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

Wali Kota FX Hadi Rudyatmo, usai pemaparan detail engineering design (DED) revitalisasi Pasar Klewer sisi timur di Balai Kota, mengatakan kemungkinan akhir bulan ini surat persetujuan dari Kemenkeu sudah keluar.

"Permohonan kita sudah disetujui, kemungkinan akhir bulan nanti surat turun dari Kementrian Keuangan," ujar Walikota Surakarta F.X.Hadi Rudyatmo kepada wartawan di Kantornya, Selasa (13/2/2018).

Untuk diketahui sebelumnya Pemkot Surakarta menyiapkan pembiayaan guna mengantisipasi melonjaknya kebutuhan dana revitalisasi Pasar Klewer sisi timur. Mengingat dana revitalisasi Pasar Klewer yang sebelumnya diperkirakan Rp 48 miliar melonjak Rp 9 miliar, menjadi Rp 57 miliar.

Salah satu rencana yang disiapkan Pemkot dengan mengalokasikan dana proyek dalam APBD. Namun setelah ada persetujuan dari Kemendag kini pemkot lega, tinggal menunggu proses pencairan.

Wali kota Rudyatmo mengatakan paling lambat awal bulan Maret lelang tender sudah dilakukan. 

“Kami harapkan tidak sampai akhir bulan ini sudah ada kepastian pencairan anggaran. Dengan demikian lelang bisa segera diselenggarakan.”

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Subagiyo tidak menampik adanya kabar persetujuan tambahan dana proyek dari pemerintah pusat. Bahkan menurutnya, tambahan anggaran sekitar Rp 9 miliar itu cukup untuk menambah beberapa pekerjaan di samping proyek utama, yakni membangun ulang Pasar Klewer sisi timur.

Adapun proyek tambahan itu, meliputi perbaikan ramp atau akses jalan keluar masuk mobil ke basement Pasar Klewer sisi barat. Serta penambahan 19 kios di pasar sisi timur.

"Perbaikan jalur dan penambahan kios tersebut mendesak direalisasikan. Sebab selama ini jalur pengendara mobil relatif kesulitan mengakses basement, karena terlalu curam," jelasnya. MI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00