• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PEMILU SERENTAK

Tiga Anggota Bawaslu Awasi Ketat Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019 Di Lingga

27 February
15:00 2019
0 Votes (0)

 KBRN, Tanjungpinang; Proses pelipatan dan penyortiran surat suara untuk pemilihan presiden tahun 2019 di Kabupaten Lingga yang saat ini sedang berlangsung di gudang KPU Lingga, mendapat pengawasan ketat dari Bawaslu Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“terkait pelipatan surat suara yang saat ini sedang berlangsung, bawaslu menurunkan tiga petugas untuk melakukan pengawasan melekat,” Kata Ketua Bawaslu Lingga Zamroni, Rabu (27/2/2019).

Zamroni mengatakan, sebanyak tiga  anggota Bawaslu Kabupaten Lingga ditempatkan di lokasi penyortiran dan pelipatan surat suara sejak Senin (25/2/2019) kemarin hingga selesai. Dikatakannya, penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pilpres Tahun 2019 di Kabupaten Lingga ditargetkan selesai dalam waktu 7 hari.

“tiga anggota bawaslu ini berjaga secara bergantian selama enam jam sekali sesuai jadwal KPU,”katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Selama proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu Tahun 2019 yang masih berlangsung saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga sudah melaporkan  ada sebanyak 74 surat suara  yang rusak. Surat suara yang rusak itu yakni, 49 surat suara untuk pemilihan presiden dan 25 surat suara untuk DPD.

“pelipatan dan penyortiran sudah memasuki hari ketiga, laporan yang kita terima dari KPU Lingga sudah ditemukan 74 surat suara yang rusak. Surat suara yang rusak itu yakni, 49 surat suara untuk pemilihan presiden dan 25 surat suara untuk DPD,”lanjut Zamroni.

Menurutnya, pengawasan melekat oleh anggota Bawaslu itu untuk memastikan tidak ada satu hal yang menyalahi aturan perundang-undangan serta menghindari kecurangan dan kekeliruan pada waktu proses penyortiran, pelipatan dan pengepakan surat suara.

hasil pengawasan ini nanti dilaporkan ke Bawaslu Provinsi Kepri, selanjutnya terkait jumlah surat suara yang rusak akan direkomendasikan ke KPU Kepri untuk dilakukan penggantian surat suara,” ujar Zamroni

Selanjutnya Zamroni menjelaskan, mengenai 55 orang warga yang ikut serta dalam melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu 2019 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga sudah sesuai aturan yang berlaku.

“sebelumnya kita juga sudah  melakukan koordinasi terkait tata tertib pekerja dan netralitasnya, 55 warga tersebut sudah sesuai SOP,” lanjutnya.

Masyarakat Kabupaten Lingga juga diimbau untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pengawasan tahapan Pemilu 2019 menujun pemilu yang berintegritas dan berkualitas.(RB)

  • Tentang Penulis

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

  • Tentang Editor

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00