• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PEMILU SERENTAK

Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Tegaskan Tidak Boleh Kampanye Di Medsos

14 April
13:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tanjungpinang; Memasuki masa tenang Pemilu 2019 Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lingga bersama Satpol PP Lingga melakukan penertiban alat peraga kampanye di Kabupaten Lingga,  Minggu (14/4/2019) 

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lingga Zamroni kepada RRI menyampaikan, Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah memasuki masa tenang. Segala bentuk kampanye dilarang dilakukan, baik di dunia nyata maupun muncul di media sosial (medsos), seperti,  Instagram, Facebook, Twitter hingga lembaga penyiaran.

"Tahapan masa tenang selama tiga hari dilarang berkampanye baik didunia nyata maupun melalui daring," Kata Zamroni Ketua Bawaslu Lingga. 

Dikatakannya,  Masa tenang merupakan masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye Pemilu sesuai ketentuan Pemilu yang tertuang pada Pasal 276 ayat 1 angka 36 UU RI No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. 

"sesuai ketentuan masa tenang merupakan salah satu tahapan dalam penyelenggaraan pemilu 2019," Katanya

Dijelaskan Zamroni, Selama masa tenang, pelaksana,  Peserta  maupun tim kampanye pemilu Presiden dan Wakil Presiden dilarang menjanjikan atau memberikan imbalan kepada pemilih untuk menggunakan hak pilihnya memilih pasangan calon, partai politik peserta pemilu dan memilih calon DPRD dan DPD tertentu. 

 "jika kedapatan melanggar aturan yang berlaku akan diberikan sanksi pidana penjara dan denda, " Jelas Zamroni

Zamroni juga mengatakan,  pengumuman hasil survei atau jejak pendapat tentang Pemilu dilarang dilakukan dimasa tenang.  Sanksi jika melanggar akan dipidana kurungan paling lama 1 (satu)  tahun dan denda paling banyak Rp. 12 juta. 

"sanksinya diatur secara tegas dalam pasal 492 UU Pemilu, " pungkasnya

Bawaslu Lingga mengimbau, kepada seluruh peserta, pendukung dan masyarakat untuk dapat mendukung pemilu yang berkualitas dan dimasa tenang untuk tidak melakukan aktivitas kampaye serta tetap menjaga suasana di Kabuptaen Lingga yang kondusif, aman dan damai. (RB)

  • Tentang Penulis

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

  • Tentang Editor

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00