• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Revitalisasi Budaya Lokal Dalam Menjaga Warisan Budaya Bangsa Indonesia

17 November
12:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tanjungpinang; Dalam upaya menjaga kebudayaan tetap ada kepada generasi selanjutnya Dinas Kebudayaan Lingga bersama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Republik Indonesia akan merevitalisasi kesenian yang hamir punah di Kabupaten Lingga

Pembangunan kebudayaan tidak bisa lepas dari fenomena globalisasi. Era globalisasi menawarkan banyak kepraktisan, kemudahan, kebebasan yang memiliki daya tarik besar bagi generasi muda,” Kata Muhammad Ishak Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, Minggu (17/11/2019)

Ishak menerangkan, bahwa dalam perencanaan kebudayaan diperlukan ketahanan budaya, yang mencakup kemampuan budaya. Dalam hal ini kesenian sandiwara bangsawan dan gazal di bunda tanah melayu menghadapi ancaman penggerusan budaya global dan harus segera dilaksanakan Revitalisasi.

“Pemilihan kedua kesenian ini tentunya setelah melalui proses yang panjang serta dukungan dari pemerintah kabupaten dan masyarakat,”Terang Ishak

Dengan direvitalisasinya kesenian sandiwara bangsawan dan gazal oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Republik Indonesia. Ishak berharap kebudayaan yang ada di Bunda Tanah Melayu dapat terus berkembang dan dijadikan mata pelajaran di sekolah.

“Harapan kita kebudayaan-kebudayaan lokal ni dapat di jadikan mata pelajaran untuk siswa-siswi di sekolah,” Ujarnya

Sementara itu Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Lingga Juramadi Esram dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lingga berterima kasih dengan hadirnya Dr. Restu Gunawan, Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI yang juga telah memperhatikan kebudayan di Kabupaten Lingga.

“Kita berharap sekali di tahun tahun mendatang terus menjadikan kabupaten lingga sebagai lokus dan sasaran kegiatan, tidak saja melalui program revitalisasi kesenian yang hampir punah, tetapi juga program-program lain yang membantu pemkab dan masyarakat,” Sebut  Juramadi Esram Sekda Pemkab Lingga

Selain kesenian bangsawan dan gazal, ada lagi kesenian ditempat ini yang dulu katanya bekembang tetapi sekarang sudah hilang , yaitu rodat dan gamelan melayu.

Diketahui Pertunjukan bangsawan dan gazal hasil dari program rivitalisasi ini dirancang selama dua hari. Antusias masyarakat yang berkunjung untuk mensyaksikan kegiatan itu sangat ramai. Kepala Dinas Kebudayaan Lingga Muhammad Ishak juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang ikut mendukung kegiatan ini, dimana Kesenian gazal yang sudah tenggelam oleh zaman dan punah sudah dapat muncul kembali di hari jadi 16 Kabupaten Lingga.(RB)

  • Tentang Penulis

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

  • Tentang Editor

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00