• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PEMILU SERENTAK

Bawaslu Bintan Launching Pengawasan Pilkada 2020

28 December
16:51 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bintan : Ratusan masyarakat Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, meriahkan Launching Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah 2020, yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bintan.

Launching Pengawasan Pilkada itu berlangsung di taman Kijang City Walk, Kijang, Bintan Timur, Bintan, ditandai dengan penekanan tombol sirine sekitar 1 menit. Sebelumnya, dilaksanakan Senam Sehat dan Jalan Santai.

Ketua Bawaslu Bintan, Febriadinata menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mengawasi Pilkada 2020. Diharapkan, masyarakat berperan aktif untuk menyampaikan informasi terkait dengan adanya temuan pelanggaran dalam Pilkada nanti.

" Kami juga berharap masyarakat aktif untuk melaporkan ke Bawaslu, jika ada ditemukan pelanggaran saat masuk tahapan Pilkada nanti," harap Ketua Bawaslu Bintan, Febriadinata, Sabtu (28/12/2019).

Ketua Bawaslu Bintan juga mengimbau Kepala Daerah, untuk sementara ini untuk tidak melakukan pelantikan pejabat hingga penetapan pencalonan, khususnya setelah tanggal 8 Januari 2020. Namun, jika ada izin dari Menteri Dalam Negeri RI, baru dibenarkan.

" Sesuai Undang-Undang nomor 10 tahun 2016, calon petahana tidak dibenarkan melakukan mutasi. Karena ada unsur pidananya dan ini bisa dibatalkan pencalonannya," tegasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00