• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Diskominfotik Siap Jembatani Kesenjangan Digital di Anambas

20 January
16:28 2020
0 Votes (0)

KBRN, Tanjungpinang; Dengan hadirnya ketersediaan akses Palapa Ring Barat di Kabupaten Kepulauan Anambas nantinya diharapkan akan memberikan dampak terhadap perekonomian.

Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal, S.Kom.MA kepada RRI mengatakan, dengan hadirnya Palapa Ring Barat nanti, Bakti Kominfo dan Diskominfotik KKA akan berupaya meningkatkan pelayanan akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas, baik di desa maupun di Ibu kota.

“kita akan coba menjebatani kesenjangan akses telekomunikasi di desa yang hingga saat ini belum terjangkau. Berbagai upaya akan kita lakukan demi terwujudnya akses telekomunikasi yang memadai,” kata Japrizal Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (20/1/2020)

Japrizal menerangkan, Kementrian Kominfo (Bakti Kominfo) sudah memberikan bantuan akses Internet dalam bentuk Vsat di beberapa desa dan sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“desa-desa yang belum mendapatkan bantuan akan terus diupayakan agar juga mendapatkan bantuan berupa akses telekomunikasi tersebut, tentunya secara bertahap,” terangnya

Japrizal juga menyebutkan,  akan melihat pada BUMDes yang memiliki potensi atau peluang dalam bisnis desa untuk kebutuhan akses internet dalam pengembangannya.

"ini bertujuan agar pengembangan BUMDes tepat sasaran dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa serta mengoptimalkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa,"sebutnya

Tujuannya adalah pengembangan Badan Usaha Milik  Desa (Bumdes) untuk melakukan bisnis usaha. Kata Japrizal, dengan hadirnya Palapa Ring Barat maka dengan tentu akan berimbas pada pengembangan teknologi informasi.

 "hal ini masih dalam rencana program dari bakti kominfo, bagi desa yang mampu melaksanakan,”ujarnya

Diketahui selama ini, desa hanya sebagai konsumtif atau sebagai pengguna saja, harapan kedepan desa melalui BUMDes dapat mengembangkan sebagai pelaku dalam kebutuhan digital.(RB)

 

 

  • Tentang Penulis

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

  • Tentang Editor

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00