• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Perpanjang Masa Pendaftaran, Bawaslu Harapkan Peran Aktif Masyarakat Awasi Pilkada

24 February
15:22 2020
0 Votes (0)

KBRN, Tanjungpinang; Badan Pengawas Pemilihan Umum  (Bawaslu) Kabupaten Lingga memperpanjang masa pendaftaran dan penerimaan berkas Panwaslu Desa dimulai 27 Maret hingga tanggal 4 Maret 2020. Perpanjangan pendaftaran ini untuk memberi kesempatan masyarakat berpartisipasi menjadi pengawas pemilu di tingkat desa.

“Karna sampai batas waktu pendaftaran 22 Februari pendaftar panwas desa/Kelurahan belum memenuhi kuota,” kata Zamroni, SH, MH Ketua Bawaslu Lingga, Senin (24/2/2020)

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga Zamroni, SH, MH mengatakan, jumlah pendaftar anggota pengawas pemilu di tingkat desa masih belum memenuhi persyaratan, minimal setiap desa ada dua pendaftar. Maka sesuai juknis Dari Bawaslu Republik Indonesia ,maka Panwascam se-kabupaten Lingga akan melakukan masa Perpanjangan pendaftaran mulai tanggal 27 februari 2020 - 4 maret 2020.

“Kami memperpanjang waktu untuk 37 kelurahan/desa dari 12 kecamatan se-Kabupaten Lingga,”katanya

Ditambah  Zamroni, Total keseluruhan Desa di Kabupaten Lingga berjumlah 82 Desa dari 13 Kecamatan. Tambah, Zamroni, dari laporan yang diterima Panwascam, bahwa disetiap desa sudah ada pendaftarnya.  Akan tetapi belum memenuhi kuota sesuai juknis yaitu minimal 2 kali kebutuhan.

Sehubungan dengan minimnya pendaftar Panwaslu di tingkat desa di beberapa desa di Kabupaten Lingga, maka Bawaslu menginstruksikan Panwascam untuk memperpanjang masa pendaftaran,”tambahnya

Lebih lanjut dijelaskan Zamroni, alasan yang melatarbelakangi mengapa panwaslu desa untuk Pemilu 2020 ini sepi peminat, bahwa ada persyaratan pendaftaran yang menjadi kendala masyarakat Lingga untuk jadi Panwaslu Desa.

“Banyak dari masyarakat yang ingin mendaftar, Namun karena mengharuskan usia minimal 25 Tahun dan Pendidikan min SMA atau sederajat, sehingga membuat calon pendaftar berkurang,”jelasnya

Zamroni berharap dengan adanya tambahan waktu pendaftaran ini, masyarakat Lingga  untuk memanfaatkannya dengan mendaftar di kantor Panwascam setempat dengan membawa berkas persyaratan sampai dengan 04 Maret 2020.

“Kami berharap dengan perpanjangan waktu ini dapat memberikan kesempatan masyarakat lingga mendaftar dan menjadi pengawas pemilu,” pungkasnya. (RB)

  • Tentang Penulis

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

  • Tentang Editor

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00