Dede Yusuf Usulkan Kopi Jadi Ikon Kabupaten Bandung

KBRN, Soreang : Anggota DPR RI dari Partai Demokrat asal daerah pemilihan  Kabupaten Bandung, Dede Yusuf Macan Effendi, mengusulkan agar kopi menjadi ikon Kabupaten Bandung. Dede Yusuf punmenyarankan agar Pemerintah Kabupaten Bandung serius menggarap branding atau pencitraan kopi itu sebagai icon daerahnya.

Usulan itu disampaikan Dede Yusuf, karena dirinya prihatin, karenameski memiliki segudang potensi, namun Kabupaten Bandung hingga saat ini tidak memiliki ikon branding yang bisa mandongkrak kunjungan wisatawan asing ke daerahnya.

"Semua orang di Indonesia bisa dibilang mengetahui Ciwidey, Pangalengan dan seterusnya. Tapi pertanyaanya, apakah wisatawan mancanegara tahu, mereka cuma tahunya Kota Bandung. Nah bagaimana untuk menariknya kesini, itu harus ada icon branding," tegas Dede Yusuf di sela Bimtek pemasaran pariwisata pasar asia pasifik, di Ciparay Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

Dede Yusuf bahkan mencontohkan beberapa daerah yang sudah memiliki ikon yang identik dengan daerah itu.

" Lembang terkenal dengan Susunya, kemudian Tauco Cianjur, Tahu Sumedang, Garut identik dengan Dodolnya dan juga daerah lainnya," kata Dede Yusuf.

Ikon suatu daerah bisa dibentuk dengan cara mendongkrak sesuatu yang sudah terbukti ada dan kuat di Kabupaten Bandung. Saat ini kata Dede Yusuf, di Kabupaten Bandung banyak terdapat perkebunan kopi, bahkan menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbaik di dunia. Namun sayangnya, itu semua tidak dikenal sebagai identitas daerah. 

Oleh karena itu, bukan tanpa alasan jika mantan wakil Gubernur Jawa Barat yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR RI itu mengusulkan kopi sebagai ikon Kabupaten Bandung.

"Kopi Bandung itu is the best in the world dan termahal. Inilah cantelannya, bagaimana caranya dibranding agar semua orang tahu Kabupaten Bandung dengan ikon kopinya. Dengan begitu wisatawan asing juga akan datang, kalau sudah datang kan mereka lihat juga keindahan alamnya, pemandangannya dan lainnya yang bisa membuat mereka betah disini," ujarnya.

Dede Yusuf pun bahkan mengusulkan sebuah nama julukan untuk Kabupaten Bandung, yakni "Coffe Heaven". 

"Kalau sekarang kan orang tahu Java Preanger, Kopi Puntang dan lainnya. Tapi mereka enggak tahu itu Kabupaten Bandung. Saya kasih contoh, kalau bicara Labuan Bajo, pasti ingatnya Komodo, kalau bicara Bali pasti ingat Pura nya. Saya cuma kasih ide, kalau Pemda mau olah ide itu silakan untuk menarik wisatawan asing," kata politisi Demokrat Dede Yusuf.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar