Cycling De Jabar 2022, Perkenalkan Potensi Wisata Jabar Selatan

KBRN, Bandung: Menyambut HUT ke 77 Provinsi Jawa Barat dan sekaligus merangsang pertumbuhan potensi Jabar Selatan melalui sport tourism, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal menggelar Cycling De Jabar 2022.

Event sepeda yang menyusuri pantai di wilayah Selatan Jawa Barat ini, merupakan kerjasama dengan Kompas dan bank BJB digelar 27 – 28 Agustus 2022.

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Jawa Barat, Ferry Sofwan Arif mengatakan event dilaksanakan dengan dua etape. Etape pertama pada 27 Agustus 2022 akan mengambil start di Pantai Palangpang Geopark Kabupaten Sukabumi dan berakhir di Pantai Karang Potong Cianjur, dengan jarak sekitar 150 km. Kemudian untuk etape kedua, start berawal dari Pantai Rancabuaya Kabupaten Garut, menuju Pantai Pangandaran dengan jarak 170 km.

“Poin yang mendasar adalah melalui aktivitas goes atau bersepeda, mulai dari Pantai Palangpang Kabupaten Sukabumi sampai ke Pantai Barat Pangandaran, ini adalah ingin menggali potensi,”ucap Ferry dalam Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Kota Bandung, Jumat (12/8/2022).

Ferry menambahkan, bukan hanya potensi kepariwisataan atau sport tourism, tetapi juga ingin memperlihatkan bahwa Jawa Barat Selatan mempunyai potensi lainnya selain pariwisata, seperti diantaranya kuliner, perikanan maupun perkebunan.

Dikatakannya juga, antusiasme masyarakat dengan olahraga sepeda bisa dikolaborasikan dengan potensi eksotisme jalur Selatan Jawa Barat.

"Jabar bagian selatan mewakili semua potensi wisata di Jabar. Event ini menjadi entry-nya, melalui sport tourism, khususnya cycling. Sehingga masyarakat aware dengan sekian potensinya yang ada dari Sukabumi sampai Pangandaran," kata Ferry.

Ia juga berharap, melalui event bersepeda ini potensi Jabar Selatan dapat terinformasikan kepada masyarakat Indonesia. Sehingga nantinya dapat menarik kunjungan ke destinasi wisata yang ada di wilayah Jabar Selatan. Apalagi saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah melakukan pengembangan potensi Jabar Selatan, yang kaya dengan destinasi wisata.

“Potensinya (wisata) begitu beragam, antara satu pantai dengan pantai lainnya punya kekhasannya masing-masing. Selain memang lokasi pantainya, apakah pantainya berpasir putih, ada yang berkarang, ada yang pohonnya banyak,”ujar Ferry.

Dengan adanya event sepeda ini, Ferry juga berharap dapat meningkatkan perekonomian di sekitar rute yang dilalui para peserta maupun rombongan.

Fery mengajak komunitas pesepeda untuk ikut memeriahkan acara tersebut dan membantu mengenalkan potensi wisata dan ekonomi wilayah Jabar Selatan.

"Di Ciletuh tidak ada hotel, kami memberdayakan homestay yang ada di sana. Kemudian penginapan di Rancabuaya juga kita pakai. Kemudian makanan dan minuman yang disediakan dipesan dari masyarakat sekitar, bukan katering dari luar,"ucap dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar