Semarakan HUT ke- 211 Kota Bandung, Tokopedia Bantu UMKM Makmin Tingkatkan Penjualan lewat Tokopedia Nyam Bandung

Tokopedia hari ini (23/9/2021) menyelenggarakan Virtual Media Briefing Tokopedia Nyam Bandung bertemakan Semarakkan Hari Jadi ke-211 Bandung dan Akselerasi Tumbuh Kembang UMKM Makmin Lokal. Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana beserta Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan, Head of Category Development Tokopedia, Pranidhana Mahardhika beserta Pemilik Daging Sapi Diasapin, Bagja Putra.

KBRN, Bandung:  Menyambut HUT ke-211 Kota Bandung, Tokopedia dan Pemerintah Kota Bandung mengajak lebih banyak lagi UMKM Bandung di bidang makanan dan minuman untuk beradaptasi dengan teknologi guna mengembangkan usahanya, contohnya lewat platform digital seperti Tokopedia dan kampanye Tokopedia Nyam Bandung.

“Banyak UMKM lokal yang justru menemukan momentum di tengah pandemi untuk memulai usaha. Pada awal kuartal II/2021, jumlah penjual makanan dan minuman yang bergabung di Tokopedia Nyam Bandung bertambah sekitar 60% dibandingkan kuartal sebelumnya,” papar Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan saat memberikan keterangannya melalui daring Kamis, (23/9/2021).

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, sangat penting untuk UMKM Bandung dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam berbisnis, misalnya melalui pemanfaatan platform digital seperti Tokopedia. 

“Harapan kami ke depannya lebih banyak lagi kolaborasi dan inisiatif seperti Tokopedia Nyam agar UMKM lokal dapat meraja di negeri sendiri,”ucapnya.

Tokopedia Nyam dan sederet inisiatif lainnya telah mendorong kenaikan transaksi pada kategori makanan dan minuman di Tokopedia. Peningkatan transaksi yang signifikan juga dialami oleh Daging Sapi Diasapin, pegiat usaha lokal asal Bandung yang didirikan oleh Bagja Putra.

“Sejak mengikuti kampanye Tokopedia Nyam Bandung penjualan kami meningkat hingga puluhan persen. Kami pun memanfaatkan beragam fitur dan promo seperti Bebas Ongkir, Flash Sale, Bundling dan menjadi Official Store sehingga pelanggan toko kami semakin meluas ke wilayah Manado, Makassar hingga Bangka Belitung,” jelas Bagja Putra, Pemilik Daging Sapi Diasapin.

Bagja menambahkan, “Tokopedia Nyam juga membantu kami dalam menjangkau lebih banyak pembeli baru yang tertarik untuk mulai mencoba produk daging asap kami. Saat ini produk kami juga telah berhasil menjual hingga ratusan produk per bulannya melalui Tokopedia.”

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Masyarakat Kota Bandung

Belanja online semakin menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari terutama di tengah pandemi. Kategori Makanan dan Minuman misalnya, menjadi salah satu kategori favorit di Tokopedia selama kuartal II/2021.

Head of Category Development Tokopedia, Pranidhana Mahardhika, mengungkapkan, antusiasme masyarakat terhadap produk makanan dan minuman mendorong cukup tinggi.

“Minuman, Protein & Telur, Bumbu & Bahan Masakan, Makanan Ringan, serta Sayur & Buah sebagai sub-kategori produk paling favorit di Tokopedia Nyam Bandung selama kuartal II/2021.”ucap dia.

“Selain itu, produk seperti madu, batagor kuah, pisang bolen, hingga camilan khas Bandung seperti seblak menjadi produk paling diburu masyarakat,” tambah Mahardhika.

“Inisiatif hyperlocal, termasuk Tokopedia Nyam Bandung, sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk terus berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk dengan pemerintah dan pegiat UMKM lokal Bandung di bidang makanan dan minuman serta seluruh masyarakat Indonesia agar bersama dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Emmiryzan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00