Apresiasi Kerjasama Sumsel dan Jabar, Menkop UKM Teten Sebut UMKM Penyangga Ekonomi Nasional

Menteri Koperai dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki (kiri), Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (tengah) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat peringatan Hari Nasional UMKM dan Sumsel Expo 2022 di Ciwalk Cihampelas Kota Bandung Jumat, (12/8/2022).(Foto:Azis Zulkarnaen/RRI)

KBRN, Bandung: Sektor ekonomi domestik terutama UMKM saat ini menjadi andalan dan tulang punggung perekonomian Indonesia, ditengah gejolak deflasi ekonomi global.

Hal tersebut dikatakan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, disela Hari Nasional UMKM dan Sumsel Expo 2022 di Ciwalk Cihampelas Kota Bandung, Jumat (12/8/2022).

Dikatakan Teten, keberadaan ekonomi domestik UMKM terbukti dapat menopang perekonomian nasional, ditengah pandemi Covid-19. Untuk itu pemerintah melalui Kemenkop UKM terus mendorong dan menggerakan UMKM untuk menyangga perekonomian nasional.

“Ekonomi kita hari ini dna kedepan masih akan sangat tergantung kepada kekuatan ekonomi domestik, karena ekonomi global sedang mengalami deflasi pertumbuhan rendah inflasi tinggi. Dan karena itu maka sekarang kita gerakan bagaimana UMKM menjadi penyangga ekonomi nasional,”ucap Teten.

Teten juga menambahkan, pihaknya juga akan melakukan upaya untuk memasifkan program belanja untuk UMKM, termasuk menggelar kegiatan nasional diskon belanja UMKM. Teten juga mengapresiasi kerjasama  yang dijalin antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Jawa Barat, untuk meningkatkan daya saing produk UMKM.

“Bagaimana kita memasifkan program produk UMKM. Termasuk nanti kita akan menyiapkan suatu kegiatan nasional diskon belanja UMKM, kerjasama dengan e commerce, bekerjasama dengan pengelola mal dan asosiasi UMKM,”ungkap dia.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, selain menunjukan potensi-potensi UMKM yang dimiliki, melalui pamaren UMKM yang digelar dapat saling bekerjasama untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang tidak dimiliki Sumatera Selatan.

“Kita sebenarnya punya keunggulan masing-masing tapi punya kebutuhan masing-masing. Maka untuk itu saat inilah kita memasang etalase yang difasilitasi oleh kemenkop UKM, ekonominya bisa tumbuh sama dengan Jawa Barat antara 5 mendekati 6,”ujar Herman.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil menyatakan, dengan adanya kerjasama antar provinsi tersebut dapat bertukar data produk kebutuhan masing-masing, sehingga perdagangan antar provinsi dapat lebih intensif.

“Sambil tukar data, Jabar butuh apa disuplai oleh Sumsel, sebaliknya Sumsel butuh apa bisa disuplai Jawa Barat,”ucap Kang Emil.

Dalam Expo Sumsel 2022 yang digelar selama dua hari itu, selain menampilkan bebagai produk unggulan provinsi Sumatera Selatan dan Jawa Barat, juga produk UMKM dari berbagai provinsi lainnnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar