Iwa Karniwa Mantan Sekda Jabar Bebas Bersyarat Dari Lapas Sukamiskin

Lapas Sukamiskin Bandung

KBRN, Bandung: Mantan Sekretaris Daerah - Sekda Jawa Barat, Iwa Karniwa, bebas dari Lapas Sukamiskin. Iwa bebas bersyarat usai menjalani pidana penjara atas kasus  korupsi proyek Meikarta. 

Iwa menjalani bebas bersyarat mulai hari ini atau Jumat (19/8/2022).

Ia dipandang memenuhi syarat untuk mendapatkan Pembebasan Bersyarat (PB) ungkap Kalapas Sukamiskin Bandung Elly Yuzar. 

Sebelumnya,  Iwa juga mendapatkan remisi, salah satunya remisi saat kemerdekaan kemarin, tegas Elly. 

"Setelah dapat remisi kemerdekaan kita hitung kapan jatuh tempo bebas bersyarat. Nah, jatuh tempo bebas bersyarat bisa kita laksanakan hari ini," kata Elly. 

Meski sudah bebas, gerak-gerik Iwa tetap diawasi. Menurut dia, proses pengawasan akan dilakukan oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) dan pihak kejaksaan. 

"Wajib lapor ke Bapas dan diawasi oleh kejaksaan. Ada dua yang mengawasi, dari Bapas untuk pembinaannya dari Jaksa pun ada juga," kata Elly. 

Elly menambahkan pihaknya juga sudah memberikan pesan langsung kepada Iwa Karniwa. Dia meminta agar Iwa bersikap lebih baik lagi usai bebas. 

"Pesan kami setelah bebas jadilah warga negara yang baik. Kemudian perhatikan di situ kan ada larangan dan hindari. Kalau mereka larangannya dilabrak, bukan tidak mungkin bisa ditarik kembali," tutur dia. 

Sebagaimana diketahui, Mantan Sekda Jabar, Iwa Karniwa, terlibat dalam pusaran kasus korupsi proyek Meikarta. Dia divonis 4 tahun penjara di Pengadilan Tipikor Bandunh. Kemudia di tingkat kasasi, Mahkamah Agung (MA) menolak. MA mewajibkan mantan Sekda Jawa Barat mengembalikan uang suap dari Meikarta sebesar Rp 750 juta. Adapun hukuman badan tetap, yaitu 4 tahun penjara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar