Jelang Pilkades Serentak, 58 Cakdes Deklarasi Damai di Mapolres Subang

58 Cakades Ucapkan Dan Tandatangani Naskah Deklarasi Damai Jelang Pilkades Serentak 2021

KBRN, Subang: Polres Subang mempasilitasi Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2021, yang diikuti perwakilan 58 Cakades pesererta Pilkades Serentak, jajaran Muspika Panitia dan pengawas Pilkades serta jajaran Forkopimda.

Deklarasi damai tersebut, dilaksanakan di Aula Patroatama Polres Subang, Kamis (2/12/2021).

Kapolres Subang AKBP Sumarni mengatakan, deklarasi damai ini diselenggarakan, untuk meminimalisir berbagai ancaman kamtibmas, sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilkades Serentak nanti.

"Makanya kami buat mereka, di dalam deklarasi damai ini, agar siap menang siap kalah. Ada beberala pont lagi yang harus mereka patuhi dan taati, sekaligus mereka tandatangani bersama," ujar AKBP Sumarni kepada RRI di Subang, Kamis (2/12/2021).

Kapolres juga meminta para cakades, harus mampu mengendalikan massa pendukungnya masing-masing, baik pada saat pelaksanaan masa kampanye, masa tenang, hari H pencoblosan, pada saat penghitungan suara hingga paska diumumkannya pemenang.

"Pokoknya saya minta para cakades yang akan berkopetisi ini, harus bisa mengendalikan massa pendukungnya. Jangan sampai hasil pilkdes serentak nanti dinodai keributan," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Dandim 0605/ Subang Letkol (Czi) Irsad Wilyarto, para cakades itu harus memberikan contoh, atau menjadi teladan bagi para massa pendukungnya masing-masing. Sehingga ancaman kamtibmas sekecil apapun, bisa diselwsaikan dengan cara duduk bersama.

"Jadilah suri tauladan bagi massa pendukung masing-masing, jika ada percikan, atau gesekan antar pendukung, cepat redam jangan sampai terjadi keributan yang mengarah ke anarkis," ucap Letkol Irsad.

Dandim menyebutkan, para cakades harus memiliki jiwa kesatria, sesuai dengan ikrar yang disampaikan dalam dekalarasi damai hari ini.

"Harus legewo, jika kalah, jangan menepuk dada apabila menang. Kalah merupakan sukses yang tertunda bukan suatu ke gagalan, menang menrupakan amanah yang harus diemban selama  menjabat kades nanti," tukasnya.

Sementara itu Bupati Subang Ruhimat, berpesan kepada para cakades, bersainglah dengan sehat, siapkan jiwa kesatria, tidak boleh sombong. 

"Saya berpesan, persaingan menuju kepala desa ini harus bersaing dengan sehat, mengacu kepada aturan main yang berlaku. Harus berjiwa besar dan lapang dada jika kalah, apabila menang jangan menyombongkan diri," kata Ruhimat.

Bagi cakades yang menang, siapkan inovasi dan kreativitas untuk membangun desa, agar desa maju, masyarakatnya sejahtera.

"Siapkan terobosan-terobosan untuk percepatan pembangunan di desa, agar desa maju, masyarakatnya sejahtera. Terlebih tantangan kita kedepan akan semakin komplek," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar