Realisasikan Indonesia Terang, LPP-BIFBWD Bangun Ribuan Titik PJU-TS

KBRN,Garut : Guna merealisasikan program Indonesia Terang, Lembaga Pengelolaan Proyek Badan Internasional Forum Budaya dan Wariaan Dunia ( LPP-BIFBWD),segera membangun ribuan titik penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di Kabupaten Garut.

Deputi Kemitraan LPP-BIFBWD Irwansyah mengemukakan,pembangunan tersebut menjadi kontribusi aktif LPP-BIFBWD terhadap masyarakat,Dan saat ini lanjut Irwansyah,pihaknya sudah melakukan peresmian percontohan pemasangan lamou PJU-TS di belasan provinsi di Indonesia.

"Peresmian di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang di Kabupaten Garut Jawa Barat ini merupakan provinsi ke 15,"katanya,Rabu (8/12/2021).

 Ia menyampaikan,peresmian tersebut bagian dari percobaan pelaksanaan dan uji coba lampu dan sekaligus bagian  persiapan dari para pelaksana. Sebelumnya kegiatan  uji coba ini  juga dilakukan di 14 provinsi di Indonesia,masing-masing Provinsi dibangun sedikitnya 10 PJU-TS.

"Pemasangan di Jawa Barat akan dilakukan secara bertahap dari mulai tahun 2022 hingga 2025 dengan total PJT-TS yang akan dibangun dari 15 hingga 20 ribu.disetiap kabuoaten dan kota akan dibangun minimal 5 ribu PJU-TS,"ujarnya.

Ia menambahkan pemasangan PJU-TS tersebut rencananya akan dipasang khusus di area pelosok desa,bukan dijalan nasional atau provinsi.Dan pembangunan PJU-TS ini bersifat hibah dari pihaknya dalam.bentuk barang berupa peneranan jalan umum tenaga surya.

"Pemasangan PJU-TS ini, dipastikan akan dilakukan secara merata, karena dalam prosesnya yang menentukan titik lokasi pemasangan adalah Dinas Perhubungan,"jelasnya.

Dibagian lain, Ketua DPD Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Jawa Barat, Dede Kusdinar mengaku sangat mengapresiasi program hibah PJU-TS yang diberikan LPP-BIFBWD tersebut.

“Saya sangat apresiasi sekali, ini harapan desa, karena sesuai dengan konsep dari pemerintah pusat terkait Indonesia Terang. Ini kan yang ditunggu-tunggu oleh rekan-rekan kepala desa, apalagi ini berupa hibah. Kami selaku pengurus Apdesi Jawa Barat, mudah-mudahan ini cepat terealisasi,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar