Paguyuban Sunda di Papua Desak Presiden Jokowi Keluarkan SK PAW Wagub

Paguyuban Warga Sunda Di Papua

KBRN, Subang: Paguyuban Masyarakat Sunda, dan Jawa di Tanah Papua, memohon kepada Presiden Jokowi untuk segera menerbitkan Surat Keputusan, Wakil Gubernur Papua pengganti melalui Mendagri. 

Ketua Paguyuban Masyarakat Sunda, dan Jawa di Papua, M Iryanto Pawika mengungkapkan, alasan mengapa dia, dan 11 warga di Papua, meminta segera ada pengukuhan wagub yang baru. 

"Kami 11 ribu warga Sunda dan Jawa di Papua, mendesak Bapak Presiden Jokowi, segera mengeluarkan SK pergantian Wagub Papua, melalui mendagri," ujar Iryanto kepada RRI ketika berkunjung ke Karatwan LAK Galuh Pakuan di Subang, Kamis (20/1/2022).

Pertama, nomor rekomendasi terkait calon Wakil Gubernur Provinsi Papua melalui proses Pergantian Antar Waktu (PAW), sudah keluar. Termasuk dari Gubernur Papua, dan parpol pendukung. 

"Kedua, pentingnya pergantian tersebut, demi lancarnya pemerintahan di provinsi tersebut. Sebab, diketahui bersama, kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe belum membaik. Jadi terjadi pelayanan publik di kevakuman. Itulah alasan utamanya," imbuhnya

Seperti diketahui, Gubernur Papua telah resmi mengeluarkan rekomendasi dua nama, untuk duduk di kursi Wakil Gubernur Papua Klemen Tinai yang meninggal dunia. Keduanya yakni Kenius Kogoya, dan Yunus Wonda.

"Semakin cepat berubah, maka proses politik di Papua pulih kembali, dan pembangunan di sana lancar. Demi rakyat Papua," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar