Kodam lll/Siliwangi Gelar Pasukan, Sikapi Perkembangan Situasi Terkini

Kodam lll/Siliwangi gelar pasukan di Makodam, sebagai tindaklanjut instruksi Kasad (Pendam/RRI)

KBRN, Bandung : Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, memimpin Apel Gelar Pasukan dan Jam Pangdam III/Slw yang diikuti oleh Prajurit Satpur, Satbanpur, Satbalak, Satkoter dan PNS jajaran Kodam III/Slw, berlangsung di Lapangan Kodam III/Slw Jalan Aceh, No. 69 Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/1/2022).

Dalam instruksinya, Pangdam mengatakan, prajurit harus menunjukkan jati diri TNI AD sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional, dan Tentara Profesional. Seperti halnya membantu kesulitan rakyat, sehingga rakyat akan mencintai TNI AD.

“Untuk hasil kerja nyata yang dilakukan, silahkan publikasikan dalam setiap kegiatan dari tingkat Korem, Kodim, bahkan setingkat Koramil, ini sudah perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat,” kata Pangdam.

“Bila ada terjadi, untuk para Komandan Satuan harus berani mengambil keputusan, lebih baik mengambil keputusan salah dari pada tidak sama sekali. Jangan takut salah, kita bela, kalau ada surat kaleng atau pengaduan yang melibatkan anggota, cek dulu jangan sampai main langsung proses,”  tambahnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Pangdam memberikan apresiasi kepada Danrem 062/TN Kolonel Inf Kosasih, selaku aparat kewilyahan dapat mengambil keputusan dalam membantu mengatasi keresahan masyarakat, terkait adanya aliran sesat yang dianut sekelompok orang.

Pangdam pun mengimbau, agar menghindari kekerasan terutama di satuan tempur saat pengenalan satuan masing-masing. Namun, pada kesempatan itulah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang bermanfaat bagi prajurit yang baru bergabung menjadi bagian dari TNI AD.

Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menambahkan, gelar pasukan ini menindaklanjuti hasil pengarahan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melalui Video Conference.

Selain itu, dalam rangka mengecek kesiapsiagaan dan mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis, termasuk mengecek secara langsung pemahaman tentang tujuh perintah harian Kasad.

“Pangdam berharap, kepada para Prajurit bukan sekedar hafal perintah harian Kasad, yang terpenting itu mampu menjabarkan dan mengimplementasikan di lapangan,” ujar Arie.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar