Jelang Pesta Demokrasi 2024, PDI Perjuangan Siapkan Kader Terbaik

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono, (Foto: Azis Zulkarnaen/RRI).

KBRN, Bandung; PDI Perjuangan Jawa Barat siap menghadapi pesta demokrasi 2024 melalui proses penjaringan,  meski  belum ada instruksi ke daerah-daerah.

Tahapan yang tengah dilakukan PDI Perjuangan Jabar, kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono, mulai menginventarisasi calon legislatif baik petahana atau bukan.

Dia menyebutkan ada sebanyak 13 orang petahana di DPR RI, 20 orang di DPRD Provinsi, dan 207 orang di DPRD kabupaten/kota.

"Selama setahun ini kami sudah lakukan monitoring evaluasi melihat kerja kerakyatan mereka sehingga saat mereka mampu bekerja dengan program kerakyatan yang baik maka mereka akan menjadi prioritas untuk kami calonkan kembali. Kami juga inventarisasi struktural partai mulai DPD sampai anak ranting untuk mencari kader partai yang memiliki potensi atau kemampuan kompetensi untuk bisa ditugaskan menjadi calon," ujarnya disela halal bihalal di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Rabu (18/5/2022).

Sedangkan mengenai pemilihan Gubernur Jawa Barat yang masih akan berlangsung sekitar dua tahun lagi,  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat bertekad untuk menempatkan kadernya duduk sebagai kepala daerah.

Ono Surono menyatakan, sudah saatnya ada kader yang menjadi sosok orang nomor satu di Jabar, setelah berapa kali perhelatan pemilihan kepala daerah langsung.

“Kita kerja dulu. Nanti kan ada mekanisme partai, ada survei-survei untuk melihat sebelum menentukan siapa sosok yang akan dimajukan menjadi calon kepala daerah,” ujar Ono.

Saat disinggung apakah dirinya akan berpasangan dengan Ketua DPW Partai Amanat Nasional Jabar Desy Ratnasari, Ono enggan berkomentar banyak. Menurutnya, segala sesuatu yang ada di politik bersifat dinamis, apapun bisa terjadi.

“Ya itu dinamika, segala kemungkinan bisa terjadi. Saya juga sudah beberapa kali melakukan komunikasi dengan Teh Desy. Tapi semuanya masih cair, masih terbuka segala kemungkinan,” ucap Ono.

Ono mengaku, pihaknya tengah fokus memersiapkan kadernya untuk menghadapi Pemilihan Legislatif 2024. Saat ini, tengah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap anggota legislatif yang masih menjabat.

“Kita melihat kerja-kerja kerakyatan mereka, sehingga pada saat mereka mampu bekerja program-program kerakyatan dengan baik  yang pastinya mereka akan menjadi prioritas utama untuk di calonkan kembali,” papar Ono.

Pihaknya sedang melakukan inventarisir terhadap struktural partai dari tingkat DPD sampai tingkat anak ranting. Kader partai yang mempunyai potensi, kemampuan, kompetensi, tak tertutup kemungkinan dimajukan sebagai calon legislatif.

“Kita juga menginventarisir kepala daerah dan wakil kepala daerah. Dimana saat ini kita punya 13 kepala daerah dan 6 wakil kepala daerah. Dimana kita pun melakukan monitoring evaluasi, termasuk program-program kerakyatan mereka yang sudah menjadi program pemerintah daerah,” urai Ono. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar