Ridwan Kamil Sibuk Nyapres, Ono Surono: Fokus Dulu Urus Jabar

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono,(Foto: Azis Zulkarnaen/RRI).

KBRN, Bandung: Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat Ono Surono meminta Ridwan Kamil untuk fokus menyelesaikan permasalahan yang ada di Jawa Barat ketimbang sibuk dengan pencalonan presiden. 

Seperti diketahui, Ridwan Kamil yang saat ini menjabat Gubernur Jabar, beberapa waktu lalu pernah menyatakan siap untuk maju sebagai calon presiden Indonesia 2024. Bahkan, sejumlah dukungan mengalir kepada dirinya untuk berkontestasi di pemilihan mendatang. 

Ono menyatakan, siapapun boleh mencalonkan diri sebagai presiden, termasuk sosok yang akrab disapa Emil itu. Namun, sebagai sosok yang diberi amanah menjadi gubernur, Ono meminta agar Emil fokus membenahi permasalahan yang ada di Jabar. 

“Kita bisa melihat bahwa pertarungan 2024 kan masih 2 tahun lagi, ya paling tidak saya berharap Gubernur lebih fokus dulu ngurusin Jawa Barat. Karena yang kita lihat saat ini, belum tampak langkah-langkah yang riil untuk membenahi kemiskinan ekstrem di Jawa Barat. Apalagi ada surat edaran dari Setneg (Sekretariat Negara) bahwa kemiskinan ekstrem di Jawa Barat bertambah dari 5 menjadi 17 kabupaten,” ujar Ono selepas melakukan pemecahan rekor muri senam Sicita di sekitar Gor C-Tra, Cikutra, Jumat (20/5/2022).

Terlebih, diutarakan Ono, Panitia Khusus Laporan Kerja Pertanggungjawaban DPRD Jabar sudah meminta gubernur untuk fokus menangani masalah kemiskinan. 

Pansus, kata dia, melihat banyak kegiatan atau program yang menjadi prioritas dari gubernur yang belum mencapai target. 

“Seperti petani milenial dari target 5.000, informasinya cuma 2.000. Kemudian terkait dengan infrastruktur, infrastruktur yang dibangun cenderung bukan yang bisa mengentaskan kemiskinan. Infrastruktur yang banyak dibuat tidak langsung bisa untuk mengentaskan dan mengurangi kemiskinan di kantong-kantong kemiskinan yang ada di Jawa Barat, seperti alun-alun atau creative centre,” papar Ono. 

Pihaknya, kata Ono, berharap gubernur fokus membantu para  Bupati dan Walikota se Jawa Barat guna menyelesaikan permasalahan kemiskinan di Jabar. Terlebih pandemi Covid-19 sudah mulai melandai, dan masyarakat sangat butuh ditumbuhkan perekonomiannya. 

“Kita berharap Ridwan Kamil fokus dulu untuk menangani permasalahan di Jawa Barat, kalaupun mau bangun infrastruktur ya jangan alun-alun atau creative center lah, bangun infrastruktur yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat semisal jalan desa. Kemudian berikan subsidi bagi para pelaku UMKM, petani, nelayan, untuk meningkatkan perekonomian mereka,” ucap anggota Komisi IV DPR RI. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar