19 Provinsi Ikuti West Java Fencing Championship 2021

KBRN, Bandung: Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar, Setiawan Wangsaatmaja membuka Kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat 'West Java Fencing Championship 2021' di Ballroom Hotel Grand Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung, Rabu(8/12/2021).

Kejuaraan merupakan ajang bagi para atlet-atlet anggar Jabar mengasah kemampuan mereka. Apalagi cabang olahraga anggar menyumbangkan dua medali emas pada PON XX tahun 2021 di Papua bagi kontingen Jabar. Dibutuhkan regenerasi atlet untuk mempertahankan prestasi yang diraih.

"Pada kejuaraan kali ini diikuti 19 provinsi lain maka ini ajang yang bagus bagi atlet-atlet kita mengasah kemampuan. Termasuk untuk persiapkan kejuaraan di masa yang akan datang," kata Setiawan.

Kejuaraan ini, lanjut dia, sangat strategis karena Jabar bisa menurunkan atlet sebanyak mungkin sebagai tuan rumah. Selain itu, Jabar bisa memantau kekuatan daerah lain apalagi yang tampil dalam kejuaraan kali ini atlet-atlet muda.

"Kami dari eksekutif maupun legislatif, akan terus memberi dukungan bagi pengembangan olahraga prestasi di Jabar. Terlebih Ketua Ikasi Jabar ini seorang anggota dewan jadi komunikasinya lebih lancar," kata dia.

Ketua PB Ikasi, Agus Suparmanto menambahkan, sudah seharusnya kegiatan-kegiatan olahraga bisa dihadiri pemerintah. Pemerintah harus ambil bagian dalam kegiatan olahraga prestasi.

"Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Jabar yang telah mendukung acara ini dan diharapkan bisa terus dilakukan secara rutin. Ini menjadi bagian dari pembinaan prestasi untuk ke taraf internasional," kata Agus.

Sementara Ketua Ikasi Jabar Asyanti Rozana Thalib mengatakan, kejuaraan kali ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari Jabar Open yang digelar dua tahun lalu. Hanya saja, kali ini digelar secara nasional karena masih dalam kondisi pandemi.

"Dari kejuaraan ini, saya ingin melihat potensi atlet khususnya di anggar. Tanpa ada pertandingan maka kita tidak bisa melihat potensi itu," kata Asyanti.

Dengan mengetahui potensi atlet yang dimiliki, lanjut dia, pihaknya bisa membina atlet lebih jauh sehingga bisa tampil di level internasional. Terlebih, pada kejuaraan kali ini diikuti atlet-atlet anggar hampir dari seluruh Indonesia

"Untuk peserta kita batasi jadi hanya 253 peserta dari 19 provinsi. Kategori usia yang dipertandingkan bergurau dari U-15 sampai kategori senior, baik untuk nomor perorangan atau beregu dari tiga jenis senjata yakni sabel, degen, dan floret," kata dia.

Kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat 'West Java Fencing Championship 2021' akan digelar selama tiga hari. Mulai hari Rabu (8/12/2021) hingga Jumat (10/12/2021).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar