Kelurahan Cimahi Raih Juara Satu Lomba Masak Menu Serba Ikan

Plt Walikota Cimahi Ngatiyana menyerakan hadiah lomba kepada Ketua TPP PKK Kelurahan Cimahi (Foto:Amelia Hastuti/RRI)

KBRN, Cimahi : Tim Penggerak PKK Kelurahan Cimahi Keluar sebagai pemenang pertama pada Lomba Masakan Serba Ikan, tingkat kota Cimahi tahun 2021, yang berlangsung di Aula Gedung B Komplek Pemkot Cimahi di Cibabat, Kamis (23/9/2021).

Sedang juara ke- 2 dan ke-3 masing-maaing di raih oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Baros dan Kelurahan Mekong.

Lomba masak olahan serba ikan tersebut, diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, bertujuan meningkatkan ketrampilan peserta dalam mengolah masakan berbahan baku ikan.

" Kegiatan ini juga dimaksudkan mempromosikan keanekaragaman menu masakan hasil perikanan kepada masyarakat luas sekaligus menyebarluaskan informasi tentang ikan, jenis olahan masakannya serta kandungan gizi dan manfaatnya kepada masyarakat luas," ujar Kadis Pangtan Kota Cimahi Supendi Heriyadi kepada RRI.

Pelaksana tugas Walikota Cimahi Ngatiyana, sumber daya manusia yang sehat,  cerdas dan produktif antara lain ditentukan status gizi yang baik serta konsumsi pangan yang bermutu dan sehat.

"Ikan memiliki protein yang tinggi dan menjadi sumber gizi bagi tumbuh kembang anak dan keluarga. Keunggulan protein ikan dibandingkan dengan produk lainnya, adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna, menjadikan ikan pilihan yang tepat dalam pemenuhan gizi keluarga," ujarnya.

Menurutnya, membuat menu makanan olahan ikan yang enak memang harus dengan seni, agar anak-anak lebih senang mengkonsumsinya.

"Untuk.meningkatkan peran sektor perikanan pada pembangunan ketahanan pangan dan gizi, Pemkot Cimahi menginisiasi berbagai program yang menitikberatkan pada penguatan ketersediaan ikan, menfasilitasi kemudahan masyarakat dalam mengakses produk ikan serta mendorong peningkatkan konsumsi ikan yang bermutu dan aman," paparnya.

Pada kesempatan itu, Ngatiyana mendorong semua ibu di kota Cimahi lebih terampil dalam menyajikan makanan sehat, bergizi dan menarik bagi seluruh anggota keluarganya.

Juara pertama lomba memasak olahan ikan tersebut, kata Ngatiyana, akan mewakili kota Cimahi pada lomba masak olahan serba ikan tingkat provinsi Jawa Barat. 

"Saya berharap tim yang mewakili Cimahi bisa lebih kompak dalam menyajikan menu yang dilombakan dengan cita rasa yang lezat, penampilan dan  penyajian yang menarik tanpa melupakan segi kesehatannya dan aman dikonsumsi," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00