Ini Cara Mengatasi Anak Lahir Stunting

Deputi Bidan Advokasi Pergerakan dan Informasi, Sukaryo Teguh Santoso bersama, PLT Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan. (Foto: Wildan Pratomo - RRI)

KBRN, Bandung Barat : Stunting menjadi pekerjaan rumah besar yang harus segera di atasi mengingat stunting menjadi momok yang menakutkan bagi kelangsungan hidup masa depan generasi muda bangsa. Kendati demikian, stunting masih dapat di sembuhkan.

Deputi Bidang Advokasi Pergerakan dan Informasi (ADPIN) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika anak terlahir dalam kondisi stunting.

"Caranya dengan memenuhi haknya, mulai dari pemberian gizi yang baik dan seimbang, karena meski stunting anak ini masih bisa tumbuh,"ungkapnya seusai memberikan bantuan bagi keluarga beresiko stunting di Kabupaten Bandung Barat, Kamis (27/1/2022).

Sementara itu Plt Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengatakan, Bandung Barat sendiri saat ini tengah berupaya menurunkan angka stunting di wilayahnya, mengingat angka Stunting di Bandung Barat berada di 29 persen, atau masih tinggi dari rata rata Jawa Barat yang berada di angka 24 persen.

"Saat ini kami terus berupaya mengatasi stunting, karena stunting menjadi prioritas kami untuk menuju 2030 Kabupaten Bandung Barat Ekonomi Kuat," katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, jelas Hengki berbagai cara terus dilakukan, mulai dari sosialisasi dan edukasi ke masyarakat, hingga merumuskan Perda tentang pernikahan anak, sebagai upaya mencegah stunting.

"Mulai dari sosialisasi dan edukasi, kita turun langsung ke masyarakat hingga perumusan perda semua sedang kita lakukan, sehingga kami berharap setiap tahunnya Stunting di KBB mengalami penurunan,"tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar