Pasca Libur Lebaran, Ratusan Warga Padati Kantor Disdukcapil

Pasca libur banyak warga ke kantor Disdukcapil Ciamis(Dok,Disdukcapil Ciamis)

KBRN, Ciamis:  Pasca libur lebaran, ratusan warga padati Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mereka mendatangi kantor tersebut untuk mengurus dokumen-dokumen kependudukan. Sedangkan, bagi pemula, mereka rata-rata ingin melakukan rekam  e-KTP.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Ciamis, Ade Ruhiat mengatakan, pasca libur lebaran, Kantor Disdukcapil Ciamis ini selalu ramai didatangi masyarakat.

“Rata-rata per hari itu bisa sampai 180 orang lebih. Mereka datang untuk mengurus dokumen-dokumen kependudukan,” kata Ade Ruhimat, Rabu (18/05/2022).

Kebanyakan warga yang datang untuk mengurus perekaman e-KTP bagi pemula. Selain itu, ada juga yang mengurus akte kelahiran, Kartu Keluarga serta dokumen kependudukan lainnya.

“Ada pula yang mengurus KTP rusak serta pergantian status. Namun, rata-rata itu rekam e-KTP untuk pemula,” terangnya.

Sedangkan untuk blanko KTP,  saat ini masih tersedia sekitar kurang lebih 30 ribu lembar, sehingga masih aman. Namun, pihaknya belum bisa pastikan blanko tersebut cukup sampai kapan, mengingat permintaan rekam e-KTP saat ini meningkat setiap harinya.

“Kita ada sekitar 30 ribu blanko, jadi aman untuk saat ini. Tapi jika kurang, nanti kita akan ajukan atau minta lagi ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Saat ini baru ada 13 kecamatan yang sudah mempunya alat rekam dan cetak  e-KTP. Jadi, bagi masyarakat yang ingin mengurus e-KTP bisa datang ke kantor kecamatan terdekat.

“Kalau jaringannya bagus bisa juga di kantor kecamatan untuk rekam dan cetak KTP langsung. Namun jika jaringannya gangguan bisa datang ke kantor Disdukcapil Ciamis,” pungkas Ade.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar