12 Warga SMAN 2 Lembang Berangkat Umroh Hasil Rereongan Rp.1000 Perhari

Kepala SMAN 2 Lembang Lina, bersama 12 warga sekolah yang berangkat umroh (Foto: Rengga/RRI)
Kepala KCD Pendidikan Wil lV saat melepas siswa umroh gratis (Foto: Rengga/RRI)

KBRN, Bandung Barat: Sempat terhambat memberangkatkan warga sekolah umroh, karena kondisi pandemi, 9 siswa dan 3 guru yang telah lolos seleksi akhirnya akan berangkat ke tanah suci.

Kepala SMA Negeri 2 Lembang Lina mengungkapkan, umroh 12 orang warga SMAN 2 itu, merupakan hasil dari gerakan infaq sehari Rp.1000 dari guru dan siswa.

Ia juga menambahkan, infaq Rp.1000 itu tujuannya untuk membangun kejujuran, memegang amanah dan kesadaran siswa, guru dan orang tua siswa dalam hal kerjasama.

"Selama ini kami sudah 4 kali pemberangkatan. Cuma kalau yang kedua, ketiga dan keempat, total 12 orang baru sekarang diberangkatkan, karena tertunda pandemi," kata Lina, saat acara pelepasan warga SMAN 2 Lembang umbroh, di Jalan Maribaya Kabupaten Bandung Barat, Rabu (18/5/2022).

"Mereka yang lolos seleksi ialah para penghafal qur’an dan dapat menerapkan dalam kesehariannya. Hasil hafalan setiap minggu diperiksa oleh wali kelasnya, semoga dengan program umroh ini, mereka jadi imam di lingkungannya," imbuhnya.

Rencananya, guru dan siswa akan berangkat tanggal 19 hingga 27 Mei 2022, bertolak dari bandara Soekarno-hatta,  pukul 18.00 WIB.

“Alhamdulillah Kepala cabang dinas Pendidikan diapresiasi, kemudian oleh media massa yang selalu mensupport, sehingga program ini dapat diakses oleh semua pihak. Kegiatan positif ini mungkin bisa dijadikan contoh untuk sekolah lain, sebagai konsep pendidikan karakter di sekolahnya,” ungkapnya.

Lina berharap dengan kegiatan ini, menjadi inspirasi dan meningkatkan gerakan infak siswa untuk memupuk kebersamaan.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah IV, Endang Susilastuti mengungkapkan, bahwa kebaikan dan program unggulan sekolah yang dilakukan warga SMAN 2 Lembang, harus ditiru oleh  sekolah lain. 

"Inisiatif ini yang harus dipublikasikan agar dapat diikuti oleh sekolah lain, walaupun ternyata susah-susah gampang saat dilaksanakannya. Itu tergantung komitmen dan transparansi dari pelaksananya," kata Endang.

Siswa yang akan berangkan umroh SMAN 2 Lembang, adalah, Dina Susilawati, Siti Apriliani, Ane Rahmawati, Fayza Alifya Musthafa, Nazwa Manfaluthi Arifin, Dessy Angelia Syawalani M, Premita Belamita, Muhammad Iqbal Nuramdhan, dan Aditya Nurachman Santoso. 

Sedangkan tiga guru/tenaga kependidikan yang mendampingi para siswa adalah Neng Kokom Komariah, Sisca Fitriyani, dan Kusnadi Hidayat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar