Latip Akhirnya Memiliki e-KTP Setelah Didatangi Petugas Disdukcapil Subang

Petugas Disdukcapil Kabupaten Subang Jemput Bola Rekam Data Kakek Latip (70) Yang Puluhan Tahun Tidak Miliki e-KTP (Foto Ruslan Effendi/RRI)

KBRN, Subang: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Subang, melakukan perekaman administrasi kependudukan (adminduk), berupa kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), terhadap masyarakat yang belum memiliki e-KTP.

Perekaman adminduk dilaksanakan sejumlah pegawai Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk), di wilayah Kelurahan Cigadung, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang.

Salah satu warga yang direkam datanya itu, yaitu Latip (70), yang mengalami kesulitan berjalan, dan hidup puluhan tahun tanpa rumah. Belum lama ini, Latip sempat diberikan bantuan oleh Kapolres Subang AKBP Sumarni.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Subang Sumarna, melalui Kepala Bidang Pelayanan Dafduk Disdukcapil Kabupaten Subang Iwan Firmansyah mengatakan, perekaman data dengan jemput bola ini, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, bahwa Latip belum mempunyai E-KTP cukup lama.

"Kita mencoba merespons sesuai dengan tupoksi kita. Karena informasi yang kita terima, bahwa pak Latip itu tidak punya e-KTP, sehingga dilakukan perekaman adminduk," ungkap Iwan kepada RRI di Subang, Jumat (24/06/2022).

Iwan bersyukur perekaman data Latip sudah selesai dilakukan oleh petugas. Bahkan e-KTP-nya sudah diserahkan kepada Latip, melalui rukun tetangga (RT) setempat. 

"e-KTP pak Latip  sudah diserahkan melalui Ketua RT, pada Rabu kemarin lusa," pungkasnya.

Sementara itu, Latip menyampaikan terima kasih, karena Disdukcapil Kabupaten Subang telah membantunya, sehingga bisa memiliki e-KTP.

"Terima kasih banyak atas bantuannya," singkat Latip, penuh haru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar