Lestarikan Alam, PGE Karaha Bodas Tanam Ribuan Pohon

KBRN, Tasikmalaya : PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Karaha Bodas berkomitmen, terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan senantiasa mendukung upaya pelestarian lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati.

Upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan diantaranya, penanaman berbagai jenis pohon di area Karaha Bodas.

Area Manager PGE Karaha Bodas Catur Hendro Utomo menjelaskan, secara operasional, PGE Karaha Bodas, berkaitan erat dengan lingkungan sekitar. Terutama, dalam pelestarian lingkungan.

"Secara kinerja operasional kami harus menjaga lingkungan dan dipengaruhi lingkungan. Karena udara sejuk meningkatkan performance operasional. Ujungnya unit kami lebih irit. Dengan uap sepesifik tertentu, mampu membangkitkan lebih banyak jika lingkungan kita sejuk," jelas Catur kepada RRI usai penanaman pohon di area Karaha Bodas, Kamis (30/6/2022).

Selain itu tambah Catur adalah keberlangsungan air. Yang menjadi komoditas PGE adalah uap, dimana unsur uap sendiri adalah air.  Uaplah yang menghasilkan listrik.

"Maka dari itu, kita fokus menjaga air dengan menjaga lingkungan, seperti halnya kami menjaga operasional PGE," tambah Catur.

Dalam penanaman pohon di lahan seluas tiga hektar ini, PGE  menanam sedikitnya 5.000 bibit pohon.

"Kami bersama Perhutani, dan pemerintah daerah, Dinas Lingkungan hidup, dan DPRD. Kami akan lakukan ini berkesinambungan, " katanya.

Dalam penanaman pohon ini, jenis tanaman yang ditanam, tidak hanya tanaman kayu yang berfungsi menguatkan struktur tanah atau menyerap air. Namun, PGE juga menanam berbagai bibit tanamaan (Multi Purpose Tree), sehingga bisa menjadi bagian produksi yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

"Seperti tanaman buah- buahan. Ini yang akan membuat masyarakat di sekitar hutan juga akan terbantu. Ini juga akan menjadi strategi yang akan terus dicanangkan kedepan," pungkasnya.

Sementara itu ditemui di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sobari Al Ayubi mengatakan, pihaknya mendukung upaya pelestarian alam yang dilakukan PGE.

Selain berbasis lingkungan hidup, dari sisi bisnis, PGE juga memiliki kepentingan dengan kelestarian alam yang ada di area PGE.

"Kami pemerintah dan masyarakat juga memiliki kepentingan. Karena dengan  alam yang lestari, akan membawa dampak positif. Baik untuk perekononian dan penyelamatan lingkungan lebih lanjut. Disini juga akan tumbuh ekosistem baru dan penyerapan air," paparnya.

Dengan kondisi lingkungan seperti saat ini,   perlu upaya keras dalam menyelamatkan lingkungan, salah satunya pegunungan di hulu sungai Citanduy, agar menjadi alternatif, solusi penyelesaian banjir di hilir.

"Ini salah satunya dilakukan PGE. Kami tentunya menyambut baik hal ini, dan berharap, kerjasama ini bisa dilakukan berkesinambungan antara pemerintah, korporasi, dan masyarakat," pungkas Ketua DPRD.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar