Bupati Ruhinat Bersama Kapolres Dan Dandim Lepas Tim Vaksinasi PMK

Bupati Subang Ruhimat (Foto Dok/Forkopim Pemkab Subang)

KBRN, Subang: Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriyah, Pemkab Subang memvaksin 5.500 hewan qurban, agar terhindar dari virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat sedang marak.

Terkait vaksinasi hewan qurban tersebut, Bupati Subang Ruhimat, bersama Kapolres Subang AKBP Sumarni, dan Dandim 0605/Subang Letkol (Inf) Bambang Raditya melepas Tim Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Subang, di Desa Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang, Kamis (30/06/2022).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang Bambang Suhendar menyampaikan, Kabupaten Subang melalui Balai Veteriner dapat 5.500 vaksin antisipasi PMK, untuk hewan ternak.

PMK lanjut Bambang,  merupakan penyakit yang bukan zoonosis, atau tidak menular kepada manusia. Sehingga, hewan ternak aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

"Jadi PMK ini saya tegaskan, tidak menular ke manusia. Jadi, aman jika di konsumsi oleh manusia," tegas Bambang melalui press rillis yang diterima RRi di Subang, Kamis (30/6/2022).

Sementara itu, Kepala Balai Veteriner Subang drh. Sodirun menyampaikan, bahwa kedatangan Bupati Subang memberikan semangat, dan membuktikan kepedulian dari pemerintah daerah, kepada para peternak.

"Saya sampaikan, bahwa kehadiran Pak Bupati, bersama ibu Kapolres, dan Pak Dandim, sebagai bukti pemda Subang peduli, sekaligus menjadi penyemangat bagi para peternak," ucap drh. Sodirun.

Sementara itu, Bupati Subang Ruhimat mengucapkan terima kasih, kepada Kementerian Pertanian atas 5.500 dosis satu, yang diberikan untuk Kabupaten Subang, dalam mengantisipasi PMK pada hewan ruminansia, seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba, yang saat ini sedang melanda.

"Terima kasih juga kepada Balai Veteriner Subang, Disnakkeswan, dan seluruh tim Vaksinasi PMK, yang terlah mensukseskan penyelenggaraan kegiatan ini. Ini langkah yang tepat, kita harus segera turun dan bergerak ke lapangan. Mengingat sebentar lagi akan merayakan Idul Adha," kata Ruhimat.

Bupati Ruhimat berharap, warga agar tidak panik, dan para petugas vaksinasi untuk segera menyebarkan vaksin. Sehingga penyebaran PMK, dapat segera teratasi. 

"Masyarakat tidak perlu panik dengan PMK," tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar