DAK Tidak Ada, Pemkab Tasikmalaya Optimalkan Anggaran Daerah

"Ruas jalan rusak di Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya," (Foto : Nova Noegraha/ RR)

KBRN  Tasikmalaya : Di Tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, tidak mendapat kucura  Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerinta pusat.

Menurut Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya Romi Gardata menjelaskan, tahun ini Kabupaten Tasikmalaya tidak memiliki bantuan DAK Pusat untuk perbaikan dan pembangunan jalan.

"Jawa Barat tidak ada prioritas jalan, sehingga DAK untuk jalan tahun ini tidak ada," katanya kepada RRI, Jumat (19/8/2022).

"Sebelumnya sudah mengajukan untuk perbaikan dan pembangunan jalan khususnya untuk jalan di Madalamekar  Jalan Pasir Gintung-Lengkong barang yang rusak. Namun ternyata tidak ada DAK," katanya.

Namun demiki, meski DAK tidak ada, pemerintah daerah terus berupaya melakukan perbaikan, dan pembangunan jalan dengan anggarn yang ada.

"Setiap tahun itu biasanya untuk pembangunan yakni 30 persen, kemudian 30 persen perbaikan dan lainnya pemeliharaan dari total jumlah keseluruhan jalan di Kabupaten Tasikmalaya," jelas dia.

Hingga saat ini dari sekitar 1.300 kilometer panjang jalan di Kabupaten Tasikmalaya 30 persennya dalam kondisi rusak berat, sehingga memerlukan perbaikan. Namun dengan keterbatasan kemampuan anggaran dan rendahnya pendapatan daerah serta kemampuan fiskal yang hanya di angka 3 persen, sulit bagi pemerintah daerah, mewujudkan infrastruktur sesuai keinginan rakyat khususnya jalan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar