Wujudkan Pengolahan Data Akurat, Diskominfo Kalsel Laksanakan FGD Pengolahan Data Statistik Sektoral

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muslim dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Pengolahan Data Statistik Sektoral dengan tema “Membangun Metadata Statistik” di ruang Aberani Sulaiman, Banjarbaru. foto: Humas Pemprov Kalsel

KBRN, Banjarmasin: Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Pengolahan Data Statistik Sektoral dengan tema “Membangun Metadata Statistik” di ruang Aberani Sulaiman.

Kegiatan FGD ini diikuti sekitar 90 orang dari semua SKPD di Kalsel yang dilaksanakan dalam dua hari dari tanggal 18 hingga 19 Mei 2022.

Kadiskominfo Kalsel, Muslim mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan pengolahan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan dan mudah di akses.

“Serta untuk memberikan pemahaman kepada semua SKPD di lingkup Pemprov Kalsel terkait kegiatan statistik yang harus mendapatkan rekomendasi dari BPS,” ucapnya, Banjarbaru, Rabu (18/5/2022) kemarin.

Lanjut, Muslim menambahkan, semua harus optimis untuk menuju Satu Data Indonesia (SDI) dan juga dalam upaya untuk keterbukaan informasi.

“Ini merupakan bagian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” tambahnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan, transformasi digital menjadikan peluang dan tantangan dalam pengambilan kebijakan atau keputusan berbasis data.

“Pemerintah harus meningkatkan data sebagai dasar pengambilan kebijakan yang tertuang dalam rencana aksi Nasional,” katanya.

Lanjut, Roy menjelaskan FGD pada hari ini akan fokus pada meta data statistik Nasional yang sangat diperlukan dalam pembangunan daerah.

“Kami berharap, masing-masing instansi dapat memberikan masukkan, agar pengumpulan data statistik sektoral dapat dilakukan secara akurat,” tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar