Paman Birin Nakhodai KB FKPPI Kalsel

KBRN, Martapura: Ketua Umum Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI/Polri ( KB - FKPPI), Pontjo Sutowo melantik secara resmi, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor sebagai Ketua Pengurus Daerah XVII KB  FKPPI  Kalsel masa bhakti 2021 - 2026, Rabu (20/10/2021), di Kiram Park Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Sebelumnya, dilakukan penanaman pohon jenis mangga di kawasan wisata itu oleh Ketum KB FKPPI, Ketua dan pengurus KB FKPPI Kalsel yang akan dikukuhkan, unsur dari Polda Kalsel, Korem 101/Antasari, DPRD Kalsel, Kejaksaan Tinggi Kalsel, Lanal Banjarmasin, Lanud Syamsudin Noor, dan  undangan lainnya.

Penetapan Paman Birin (sapaan Sahbirin Noor) menjadi nakhoda di organisasi kepemudaan ini tertuang dalam SK No -173/PP/PKPPI/XX/2021, tanggal 14 Oktober 2021, lengkap dengan pengurus lain masa bhakti 2027-2026.

Pontjo Sutowo dalam sambutannya setelah penyerahan bendera Pataka FKPPI mengatakan, ada beberapa tantangan yang harus disikapi  jajarannya yakni kesenjangan sosial di masyarakat.

Pesan lain penting menjaga persatuan dalam upaya menegakan NKRI dan Pancasila.

“Salah satu tugas FKPP adalah menjadikan Pancasila tidak sekedar hafalan, tapi menjadikan benar-benar sebagai dasar Negara melalui gerakan di masyarakat. Pancasila sebagai ideologi bekerja,” ujarnya usai pengukuhan.

Sementara itu, Paman Birin yang merupakan kader FKPPI, dalam arahannya mengatakan, jabatan yang diberikan kepadanya dan pengurus lain di Kalsel, merupakan amanah untuk melanjutkan perjuangan bangsa ini.

"76 tahun bangsa ini merdeka, tapi masih banyak yang terbelenggu dengan kemiskinan, terutama di desa - desa yang belum merata  pembangunan. Artinya mereka belum merdeka dari segi infrastruktur," ujarnya sepaham dengan pendapat Pontjo Sutowo.

Kondisi ini ujarnya, harus disikapi dengan semangat gotong royong, sebagaimana para pejuang bergotongroyong melawan penjajah hingga berhasil merebut kemerdekaan.

Semangat yang sama diperlukan untuk melawan serangan pandemi covid-19 dengan berbagai upaya.

"Kita harus menjadikan covid sebagai musuh bersama," ucap Paman Birin.

Selanjutnya, ia berharap organisasi ini memberikan manfaat bagi masyarakat di banua khususnya.

Ketua Panitia Pengukuhan KB FKPPI Kalsel, Hermansyah menambahkan, sesuai arahan Paman Birin, pihaknya segera membentuk Generasi Muda FKPPI dan menyusun program kerja jangka panjang, setelah dilakukan konsolidasi bersama jajaran.

“Paman ingin FKPPI ini,  membantu Pemerintah memerangi kemiskinan dan berkiprah untuk memajukan masyarakat di Kalimantan Selatan,” ujar Hermansyah yang menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00