Belajar Bersama Di Museum, Disdikbud Kalsel Ingin Siswa Tanamkan Rasa Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

Photo : Isimewa

KBRN, Banjarmasin : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman menggelar kegiatan belajar bersama di Museum Waja Sampai Kaputing (WASAKA) yang diikuti 16 SMA/SMK di kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Sekretaris, Hadeli Rosyaidi mengatakan pada kegiatan ini mengusung tema “Menggelorakan Semangat Kemerdekaan Kalimantan 17 Mei 1949”.

“Yang mana ini bisa menambah wawasan serta pengetahuan para peserta untuk mengetahui lebih dalam tentang kemerdekaan Kalimantan Selatan pada tanggal 17 Mei 1949,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (17/5/2022).

Pihaknya berharap dengan pelaksanaan belajar bersama di museum ini dapat menumbuhkan semangat danapresiasi para peserta.

“Serta lebih menumbuhkan rasa ingin tahu sejarah para pejuang yang terdahulu dan menanamkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

Selain itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati mengatakan, kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Kalsel.

“Tahun ini kami mengundang para siswa dan siswi dari 16 SMA/SMK Negeri maupun Swasta yang ada di kota Banjarmasin dengan total 160 peserta,” ungkapnya.

Untuk narasumber sendiri, pihaknya langsung mengundang pihak yang telah ahli di bidangnya masing-masing.

“Seperti materi tentang Revolusi Kalimantan Selatan diberikan oleh Mansyur yang merupakan tim Ahli Cagar Budaya dan materi perawatan senjata tajam tradisional oleh Komunitas Pecinta dan Pelestari Senjata Tradisional Kalimantan Selatan (WASAKA),” terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel, Arry Risfansyah menambahkan untuk pembiayaan kegiatan ini merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Museum tahun 2022.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Museum Waja Sampai Kaputing (Wasaka) yang berada di kota Banjarmasin sekaligus memperingati kemerdekaan Kalimantan Selatan yang jatuh pada tanggal 17 Mei,” pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar