1,4 Juta Anak Jadi Sasaran Bulan Imunisasi Anak Nasional Di Kalsel

Acara kick off di Posyandu Lestari, Sungai Miai, Banjarmasin Rabu (18/5/2022). dok RRI

KBRN, Banjarmasin : Kalimantan Selatan memulai pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022, ditandai dengan kick off di Posyandu Lestari, Sungai Miai, Banjarmasin Rabu (18/5/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, dr Diauddin mengatakan Kalsel menargetkan sasaran sebanyak 1,4 Juta anak-anak.

Meski diakui, berkaca pada pengalaman, masih ada sebagian orang tua di Kalsel yang enggan membawa anaknya fasyankes untuk imunisasi. 

Seperti di Banjarmasin, Banjar, dan Hulu Sungai Tengah. Hal itu terlihat pada capaian persentase yang masih jauh dari target.

Namun begitu, pihaknya tetap berupaya maksimal. Dengan cara menggandeng tokoh-tokoh di Kalsel.

“Jika Mei ini masih kurang, bulan Juni akan dimaksimalkan lagi, kita juga sudah menggandeng tokoh-tokoh agama seperti Majelis Ulama Indonesia untuk memberi edukasi dan sosialisasi akan pentingnya imunisasi,” katanya.

Selain menjadi program nasional, Bulan Imunisasi Anak Nasional di Banjarmasin juga didukung pendanaan Internasional dari United Nations Children's Fund (UNICEF) dari segi finansial, logistik hingga bimbingan teknis.

Zonal Coordinator Imunisasi UNICEF Wilayah Kalimantan-NTB-NTT, Jana Fitria Kartika Sari, mengatakan selama BIAN, UNICEF menargetkan cakupan imunisasi tambahan measles atau campak dan rubela minimal 95 %, sementara imunisasi kejar minimal 80 %.

"Untuk Kalimantan sasaran imunisasi campak-rubela pada anak usia 9 bulan hingga di bawah 12 tahun dan imunisasi kejar anak usia 12 hingga 59 bulan,"katanya.

Diketahui, Program yang dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia ini akan digelar dalam 2 tahap. 

Pertama pada bulan Mei 2022 untuk wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Sementara tahap II dimulai Agustus 2022 untuk Jawa dan Bali.

Hal itu dilakukan karena cakupan imunisasi anak menurun akibat pandemi Covid-19. BIAN bertujuan untuk melindungi anak dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Adapun vaksin yang disediakan yakni imunisasi kejar: vaksin Polio OPV dan IPV, vaksin pentavalent: DPT-HB-HIB serta imunisasi tambahan yaitu Campak atau Measles-Rubela (MR).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar