Wapres Resmikan One Pesantren One Product di Kalsel

Pemukulan alat musik rebana, menandai dibukanya OPOP Kalsel

KBRN, Banjarbaru : Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin meluncurkan program One Pesantren One Product (OPOP) Kalimantan Selatan di Lapangan Murjani Banjarbaru, Kalsel, Kamis (11/8/2022).

Peresmian dilakukan Wapres, bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Ketua Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Kalsel, KH M Mukri Yunus. 

Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin mengaku bersyukur bisa menghadiri peresmian program OPOP Kalsel, sekaligus Expo 2022.

Dia menyebut, OPOP merupakan program dalam pengembangan pesantren. bertujuan untuk menciptakan kemandirian umat melalui para santri, masyarakat dan Pondok Pesantren itu sendiri.

"Agar mereka mampu mandiri secara ekonomi, sosial dan juga untuk memacu pengembangan skill, teknologi produksi, distribusi, pemasaran melalui sebuah pendekatan inovatif dan strategis," kata Wapres.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Kalsel, KH M Mukri Yunus mengatakan, dengan peluncuran ini maka Kalsel menjadi provinsi ketiga yang punya program OPOP.

 "Setelah Jawa Barat dan Jawa Timur," katanya. 

OPOP juga merupakan program dari pemerintah yang bertujuan untuk kemandirian pesantren secara ekonomi dan sosial.

"Termasuk mandiri membuat produk dan memasarkannya," jelasnya. 

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyatakan, Pemprov Kalsel akan memberikan dukungan maksimal dalam pelaksanaan program OPOP di Banua.

 "Karena  potensi ekonomi dan sumberdaya secara kelembagaan santri dan alumni sangat jelas dalam program ini," ucapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar