Kedai Biji Kopi Borneo, Tawarkan Kenikmatan dan Edukasi

KBRN, Banjarbaru: Berawal dari hobinya menikmati kopi. Dwi Putra Kurniawan akhirnya mencoba peruntungannya pada 2018 dengan membuka kedai kopi yang diberi nama Kedai Biji Kopi Borneo. 

Kedai Biji Kopi Borneo juga dikenal dengan produk unggulan yaitu Kopi Liberika. Menurut Dwi ysang pemilik kedai, liberika menjadi kopi produksi lokal yang mampu bersaing di pasar luar daerah.

Terletak di Jalan Sidodadi II, Kelurahan Loktabat Selatan. Kedai ini tak hanya kopi sebagai teman nongkrong, tapi juga menawarkan kebunnya langsung yang diberi nama kebun edukasi.

“Masyarakat bisa melihat langsung bagaimana pohon kopi itu sendiri dan proses pembuatannya. Ada 420 pohon kopi yang ditanami di sini,”terangnya. 

Adapun ditempat ini menjual 3 jenis kopi unggulan yang dapat dinikmati yakni Robusta Borneo dari Aranio, Liberika Borneo dari Bati-bati, dan Exelsa Borneo dari Mandiangin. 

Pemilik Biji Kopi Borneo, Dwi Putra Kurniawan mengaku, kopi yang Ia jual aman untuk penderita maag. 

"Produk yang kami buat ini merupakan murni kopi asli atau kopi hitam jadi aman dikonsumsi,"ucapanya.

Cara penyajiannya pun sangat sederhana, yakni hanya mencampurkan air panas dengan bubuk kopi yang sudah dipilih dan langsung diseduh. 

Tak hanya menyajikan minuman, pada kedai ini menjual langsung biji dan bubuk kopi dalam bentuk kemasan plastik dari harga Rp. 20 ribu hingga Rp. 50 ribu. 

Dijelaskan Dwi, ada empat jenis Kopi Liberika yang dikembangkan di Kab Tanah Laut, Kab Banjar, Kota Banjarbaru, HST dan rencana juga akan dikembangkan di Kab Batola.

Selanjutnya ada kopi jenis Excelsa dan saat ini dikembangkan di Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut. 

Selain itu, ada jenis Robusta yang dikembangkan di Kabupaten Banjar, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten HST, Kabupaten Balangan dan Banjarbaru. 

Kemudian, ada jenis kopi Arabika yang tim saat ini kembangkan di Kabupaten  HST.

Jadi jika ingin menikmati secangkir kopi sekaligus melihat langsung kebun kopi dengan aneka jenisnya Kedai Biji Kopi Borneo bisa jadi pilihan Anda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00