Resep Bingka Kentang, Kue Tradisional Khas Kalimantan Selatan

Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Kue bingka merupakan kue basah yang berasal dari Kalimantan Selatan. Tekstur kuenya yang lembut dan terbuat dari bahan dasar seperti telur, santan dan tepung.

Panganan ini baisanya sering dijual saat bulan Ramadan, selain bulan Ramadhan juga ada yang menjual di pasar tradisional, ataupun warung makan tertentu.

Kue ini memiliki banyak penggemar dan sangat disukai karena memiliki rasa legit dan gurih di lidah. Umumnya kue bingka ini memiliki rasa kentang. Namun dengan adanya inovasi mulai adanya rasa baru seperti rasa tapai, nangka, telur, waluh, ubi dan lainnya.

Namun tetap bingka kentanglah yang sangat digemari di masyarakat. Jika anda penasaran untuk mencoba membuat resep kue bingka kentang khas Kalimantan Selatan ini, resepnya ada di bawah ini : 

1. Bahan-bahan yang diperlukan

- Gula pasir 250 gram

- Kentang kukus 250 gram, haluskan

- Garam 1/2 sdt

- Telur ayam 3 butir

- Tepung terigu 75 gram

- Daun pandan 1 lembar

- Santan rebus 1 liter

- Vanili bubuk 1/2 sdt

- Margarin secukupnya untuk olesan

2. Masak santan dan bahan-bahan lainnya hingga mendidih dan menyusut

Masukkan santan, garam, daun pandan, dan vanili ke dalam panci. Kemudian nyalakan api dan masak campuran tadi hingga mendidih. Jangan lupa untuk memasak di atas api kecil sambil terus diaduk-aduk. 

Masak terus hingga cairan mulai menyusut dan hanya tersisa sekitar 600 ml. Lalu angkat dan saring ke dalam mangkuk, sisihkan.

3. Campur bahan-bahan lainnya dengan menggunakan whisk

Campur gula pasir dan telur ayam, kocok dengan menggunakan whisk hingga gula larut dan tercampur rata. Masukkan kentang kukus yang sudah dihaluskan sebelumnya, aduk-aduk sebentar hingga rata. 

Kemudian masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Setelah tercampur rata, tuangkan santan rebus ke dalam adonan, lalu aduk-aduk terus hingga adonan rata dan licin.

4. Panggang adonan di dalam oven

Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi margarin, kemudian ratakan adonan.

Panggang adonan dalam oven panas dengan suhu 180°C, panggang selama 45 menit atau hingga adonan bingka matang dan mulai berubah warna.

5. Angkat dan dinginkan sebentar kemudian hidangkan

Setelah matang, angkat dari dalam oven, kemudian dinginkan sebentar, setelah dingin lepaskan dari loyang dan taruh ke atas piring. Agar lebih cantik, bisa taburi permukaannya dengan campuran gula halus dan kayu manis bubuk. Potong-potong dan sajikan.

Nah, resep bingka kentang khas Kalimantan di atas bisa dihidangkan. Selamat mencoba.(RizkyA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00