Obrolan Budaya Pro 4 RRI Banjarmasin "Alai"

KBRN, Banjarmasin : “Alai”, satu kata yag sering sekali kita dengar, namun masih banyak juga yang tidak mengerti apa itu “Alai” yang menjadi tema dalam program acara Obrolan Budaya Pro 4 RRI Banjarmasin bersama IKASBA.

Ketua DPC Komdatus Kota Banjarmasin Irwan  Syahruzie yang menjadi  Narasumber Obrolan Budaya menjelaskan daerah Alai adalah suatu daerah yang sekarang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, terdiri atas 4 Kecamatan,  yaitu Batang Alai Selatan, Batang Alai Utara, Batang Alai Timur dan Limpasu yang merupakan pemekaran dari Batang Alai Utara.

“Alai adalah sebutan untuk orang yang mendiami daerah di sekitaran Pegunungan Meratus. Istilah Alai disini bukan / tidak sama dengan Alai anak layangan atau anak yang lebay,”kata Irwan.

“Alai” sendiri dahulunya tidak sebatas hanya untuk daerah Batang Alai di Kabupaten HST saja.

Irwan  Syahruzie mengisahkan berdasar catatan dari Pemerhati Budaya Mujahidin S ketika beliau bertanya kepada Urang Banjar yang berdiam di Pesisir Pulau Batam ( Riau ). Dalam dialognya Mujahidin S bertanya, Pian (kamu) ni urang mana ? beberapa orang menjawab, Aku Alai Kalua, Aku Alai Nagara, Aku Alai Kandangan.

Ini menunjukkan bahwa istilah Alai sendiri lebih populer dibandingkan Banjar. Juga ketika bertanya dengan Orang Banjar  di Malaysia, mereka masih menggunakan istilah Alai untuk nama kampung. (awan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00