Puluhan Mahasiswa Kembali Lakukan Aksi Demo

Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Puluhan Mahasiswa Yang Tergabung Dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Kalsel menggelar aksi unjuk Rasa Didepan Kantor DPRD Provinsi, yang berada kawasan Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin Tengah, Kamis (21/10/2021).

Diketahui ada sejumlah tuntutan dalam aksi tersebut antara lain membahas tentang RUU Cipta Omnibus Law, Undang Undang Nomor 3 tahun 2009 tentang Minerba, pertambangan batu bara, pelemahan KPK di era Firli Bahuri.

Selanjutnya mereka juga menuntut kebebasan akademik, komersialisasi pendidikan, kekerasan seksual di ruang lingkup akademik. Serta pemenuhan pupuk bersubsidi, pemenuhan ekonomi nasional yang masih rapuh, pelepasan kawasan kehutanan, dan pengakuan masyarakat adat. 

"Ini adalah gerakan nasional, gerakan ini bukan hanya di Kalsel namun se Indonesia. Disini kami membawa isu yang diklasifikasikan jadi dua yaitu isu nasional dan isu wilayah," terang Zikri Nur Abadi, Korwil BEM Se Kalsel. 

Ia Menambahkan, terkait aksi hari ini memang dilaksanakan serentak di seluruh  wilayah Provinsi.

"Dalam isu nasional kami menggaris besarkan tuntutan tentang HAM, demokrasi, ekonomi dan lingkungan pendidikan. Untuk lingkungan lokal kami menuntut kembalikan Kalsel seperti semula yang melingkupi pertambangan di Kalsel yang mana kami arahkan ke pejabat pemerintah daerah," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00