Pemprov Kalsel Dukung Showcase UMKM Unggulan Kalimantan Selatan

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar (kanan) saat membuka Opening Ceremony Showcase UMKM Unggulan yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) di pusat perbelanjaan di kota Banjarbaru, Sabtu (21/5/2022).

KBRN, Banjarmasin: Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar menghadiri sekaligus membuka Opening Ceremony Showcase UMKM Unggulan yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) di pusat perbelanjaan di kota Banjarbaru, Sabtu (21/5/2022).

Pada kesempatan itu, Roy memberikan dukungan atas pelaksanaan Showcase UMKM Unggulan Kalimantan Selatan dalam rangka program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Mei 2022 dengan tajuk “Karya Kreatif Banua”.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata kolaborasi dan dukungan, KPw BI Kalsel dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam mendukung pengembangan UMKM Unggulan,” sebut Roy Rizali Anwar.

Kegiatan seperti ini, diharapkan agar dapat memberikan manfaat, memperkenalkan produk-produk dari UMKM Banua sebagai upaya untuk mewujudkan UMKM Kalimantan Selatan dapat naik kelas dan terwujudnya sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Terkait dengan pandemi COVID-19 selama kurang lebih dua tahun belakangan, banyak memberikan dampak dalam kehidupan, terutama pada sektor ekonomi masyarakat.

“Permasalahan ekonomi yang dialami UMKM, tanpa disadari dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. Pemerintah tentunya sangat menyadari kondisi ini, sehingga bantuan maupun stimulus diberikan kepada para pelaku UMKM, agar dapat bertahan atau bahkan bisa berinovasi menyesuaikan perkembangan zaman,” lanjutnya.

Lanjut, ia menjelaskan, UMKM Kalimantan Selatan berperan penting sebagai alternatif pertumbuhan ekonomi baru, hal ini berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2019, jumlah UMKM di Kalimantan Selatan tercatat sebanyak 461.762.

“UMKM ini memberikan kontribusi terhadap PDRB Kalimantan Selatan sebesar 61,05%, dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 54,81% atau sebanyak 1,16 juta pekerja, potensi ini harus terus kita jaga dan kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin, tentunya dukungan dari berbagai pihak, termasuk KPw BI Kalsel sangat kita perlukan dalam menggerakkan roda perekonomian dan mewujudkan sumber pertumbuhan ekonomi baru di Banua,” sambung Roy.

Pada kegiatan Karya Kreatif Banua kali ini, terselenggara atas kerja sama dengan berbagai pihak lainnya seperti Dinas Koperasi & UKM Kalsel dan Dekranasda Kalsel. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar