Sosialisasi Grand Desain Pembangunan Kependudukan di Balangan

Ilustrasi

KBRN, Paringin : Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan, sosialisasikan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Tahun 2020-2035 dan Koalisi Kependudukan Kabupaten Balangan Tahun 2021 di aula Benteng Tundakan.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan, Ahmad Sauki mengatakan pada dasarnya grand desain sudah terbentuk, namun karena ada perubahan kepemimpinan, dalam hal ini kepala daerah. Jadi harus disesuaikan dengan visi misi bupati saat ini.

“Pada hari ini kita ada kegiatan dalam rangka penyusunan GDPK, Grand Desain Pembangunan Kependudukan di Kabupaten Balangan,” ucapnya.

Ahmad Sauki menjelaskan, pada dasarnya grand desain ini adalah memberikan arah pembangunan, khususnya pembangunan kependudukan di Kabupaten Balangan.

Disamping itu, Kabid Pengendalian Penduduk, BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan. Sofyan mengatakan grand desain kependudukan, didesain sesuai dengan visi misi pemerintahan yang baru.”Kalau misalnya terjadi perubahan dari yang dulu, maka otomatis akan direvisi menjadi disesuaikan dengan visi misi bupati ataupun walikota terpilih.” jelasnya.

Ia mengatakan, suksesnya pembangunan kependudukan ini dilaksanakan dengan grand desain. Karena grand desain ini sebagai arahan, sebagai tolok ukur, sebagai ukuran indikator keberhasilan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, untuk keberhasilan pembangunan kependudukan juga dipandang dari dua sisi, yaitu dari segi kuantitas dan kualitas penduduk di Kabupaten Balangan.

”Yang diukur dan dievaluasi melalui Indek Pembangunan Manusia (IPM), yang nanti hasilnya akan diketahui apakah Kabupaten Balangan sudah memenuhi target yang sudah ditetapkan pemerintah itu sendiri.” jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00