Pemko Banjarmasin Diminta Bijak Dalam Merevitalisasi Pasar Batuah

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Tugiatno meminta, pemerintah kota setempat lebih bijak dalam memutuskan rencana merevitalisasi kawasan Pasar Batuah, Banjarmasin Timur.

"Sebab di kawasan ini, sudah tidak sepenuhnya pasar. Melainkan pemukiman warga dan jumlahnya jauh lebih banyak, ketimbang lapak pasar," ujar Tugiatno.

Menurutnya, kawasan pasar tersebut sudah selama puluhan tahun dihuni oleh warga secara turun temurun. Hanya sebagian kecil atau di bagian depan lokasi pasar, yang benar-benar digunakan untuk kios.

"Bahkan saya sendiri asli warga Batuah ini, tempat tinggal rumah bedaknya juga masih ada," ungkapnya, menunjuk sebuah rumah petak di Gang Jawa (sebutan warga).

Sehingga jelasnya, jika dilakukan langkah revitalisasi, maka jangan sampai ada relokasi atau penggusuran warga yang bermukim di kawasan itu.

"Jangan sampai ada warga yang diminta pindah atau mengosongkan bangunannya, kemana lagi mereka akan pindah, mereka ini rakyat kecil," pintanya.

Sementara, Ketua RT 12 Kampung Batuah Musliannor menegaskan, menolak rencana revitalisasi pasar yang dinilai sangat dipaksakan oleh Pemko Banjarmasin.

“Kami meminta agar rencana revitalisasi pasar dibatalkan. Silahkan para pemimpin, pejabat datang ke sini," ucap Musliannor.

Pihaknya juga mengaku kecewa kepada Walikota Banjarmasin, karena tega membuat kebijakan hunian mereka terancam digusur oleh Pemko Banjarmasin. Termasuk dengan para anggota dewan yang duduk di DPRD Banjarmasin.

"Kami sangat berharap Anggota DPRD Dapil Banjarmasin Timur kompak memperjuangkan aspirasi warga yang saat ini terancam digusur oleh Pemko Banjarmasin. Saat ini hanya Tugiatno, yang lain belum satupun datang melihat kondisi kami," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar