Serap Aspirasi Warga Batuah, Sekda Banjarmasin Beberkan Sejumlah Opsi

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman memimpin kegiatan penyampaian rencana tahapan pembangunan atau revitalisasi pasar Batuah.

KBRN, Banjarmasin: Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman didampingi Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Sabana Atmojo Martosumito S.I.K., M.H. dan Komandan Kodim 1007/Banjarmasin, Letkol Inf Ilham Yunus memimpin kegiatan penyampaian rencana tahapan pembangunan atau revitalisasi pasar Batuah yang digelar di ruang Rupatama Polresta Banjarmasin, Jalan A Yani. Km 3,5, Kecamatan Banjarmasin Timur, Selasa (24/5/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, SSTP, M.Si dan SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin serta perwakilan aliansi warga pasar Batuah.

Ikhsan Budiman menyampaikan tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan informasi langsung kepada masyarakat khususnya warga pasar Batuah bahwa program revitalisasi pasar Batuah merupakan program dari Pemerintah Pusat bersama program Pemerintah Kota.

"Pertemuan ini tidak serta merta bisa memberikan kepuasan untuk warga Batuah, tetapi, paling tidak pertemuan ini ada informasi langsung yang didapatkan dari kami," ucap Ikhsan Budiman.

Ia menawarkan beberapa program kepada warga Batuah yang terdampak kawasan revitalisasi untuk direlokasi ke rusunawa dengan tidak membayar sewa selama satu tahun dan untuk pedagang bisa mengisi lapak-lapak kosong sementara untuk berdagang di 20 pasar lainnya.

"Kemudian untuk warga kita fasilitasi di rumah susun sewa (rusunawa)," katanya.

Kemudian, Ikhsan Budiman menjelaskan pihaknya tidak bisa memberikan berupa kompensasi ganti rugi, karena hal itu bertentangan dengan regulasi.

"Yang kami bisa lakukan adalah memberikan penawaran-penawaran terhadap tempat yang akan dibongkar. Bukti sekecil apapun itu yang dimiliki bapak ibu, itu akan menjadi point-point kami," pungkasnya.

Sementara pertemuan itu, tidak dalam mengambil keputusan melainkan hanya memberikan informasi langsung kepada warga terkait rencana revitalisasi sekaligus mendengarkan aspirasi warga setempat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar