Pemkab HSU Ajak Generasi Muda Waspadai Berita Hoaks

Istimewa

KBRN, Amuntai : Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Hulu Sungai Utara (HSU) mengajak peran serta generasi muda ikut bijak dalam bermedia sosial yang memberikan pengaruh positif.

Berhadir menjadi narasumber di kegiatan Pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Pelajar Muhamadiyah di Gedung Agung Setda, Diskominfosandi HSU melalui Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) membahas tentang melawan hoaks dan hate speech di jejaring media sosial.

Staf Bidang IKP Diskominfosandi HSU, Akhmad Ismail mengatakan, perilaku bijak bermedia sosial mampu berkontribusi besar dalam memutus derasnya isu berita hoaks, fitnah atau atau ujaran kebencian (hate speech).

"Diskominfosandi sebagai fasilitator memberikan ilmu kepada masyarakat dalam hal pembelajaran tentang menangkal (mencegah) hoax, ujaran kebencian dan lain-lain," ucap Ismail.

Menurutnya, peran serta generasi muda sangat penting dalam mencegah berita hoaks dan ujaran kebencian di era media sosial. Serta memberikan pengetahuan tentang bahaya kejahatan di dunia elektronik.

"Secara tidak sadar kita mengumbar data pribadi di media sosial yang rentan bisa disalahgunakan untuk kejahatan," kata Ismail.

Ismail juga mengajak pada dan mendorong generasi milenial, khususnya pelajar Ikatan Pelajar Muhamadiyah HSU, ikut menciptakan informasi positif. Agar media sosial dipenuhi informasi yang bermanfaat dan menggantikan serbuan hoaks.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar