Polres Tabalong Bersama Disbunnak Monitoring PMK

Istimewa

KBRN, Tanjung : Petugas gabungan Kabupaten Tabalong melakukan himbauan, monitoring dan penyemprotan disinfektan kandang hewan ternak Sapi dalam rangka pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kegiatan ini dilakukan petugas gabungan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) dan personel Polres Tabalong yang terlibat dalam Satgas Operasi Aman Nusa II Intan Penanganan Pencegahan PMK.

Sasaran petugas kali ini mendatangi kelompok ternak sapi di Desa Kambitin Raya, Kecamatan Tanjung yang bernama “Rukun Makmur”.

Dalam kegiatan itu nampak hadir KBO Satuan Samapta Polres Tabalong KBO Sat Intelkam Polres Tabalong Ipda Hartanto, Paur Dalops Bagops Polres Tabalong Ipda Ade Faridi dan Drh. Mega Indah Suryani, M.Vet.

Sementara hadir juga Ketua Kelompok Ternak Rukun Makmur Bapak Jiman (60) warga Kambitin Raya Rt.5 dengan anggotanya yang berjumlah 60 orang.

Untuk kandang, Kelompok Ternak Rukun Makmur memiliki sebanyak 60 buah dengan hewan ternak Sapi keseluruhan berjumlah 200 ekor.

Adapun kegiatan yang dilakukan Tim Disbunnak yakni melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap seluruh hewan ternak sapi dan penyemprotan disinfektan kandang hewan ternak milik kelompok ternak Rukun Makmur.

“Kami menghimbau kepada peternak di wilayah Tabalong untuk tidak panik dengan situasi kondisi terhadap penyakit kuku dan mulut (PMK) hewan ternak. Apabila menemukan gejala – gejala mengarah ke PMK agar segera melaporkan kepada Disbunnak Tabalong untuk penanganan lebih lanjut,” ucap Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K melalui Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong Aipda Irawan Yudha Pratama.

Sementara itu, Drh. Mega Indah Suryani, M.Vet dari Disbunnak Tabalong menyarankan kepada Ketua Kelompok Ternak Rukun Makmur Desa Kambitin Raya, untuk sementara tidak membeli Hewan Ternak Sapi dari luar daerah guna mengantisipasi dan mencegah penularan PMK terhadap hewan ternak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar