Penghormatan di Usia Banjarmasin Ke-495 Tahun, Pemerintah Kota Ziarah Ke Makam Pengeran Sultan Suriansyah

KBRN, Banjarmasin : Pemerintah Kota Banjarmasin ziarah ke Komplek Pemakaman Sultan Suriansyah di Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (24/9/2021) pagi.

Kegiatan ini menjadi salah satu agenda pada puncak rangkaian hari jadi Kota Banjarmasin ke-495 di tahun 2021.

Dengan pakaian Adat Banjar, Ziarah dan tabur bunga dipimpipin Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Arifin Noor, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin.

Usai melakukan ziarah dan tabur bunga, Walikota beserta rombongan juga meninjau museum makam Sultan Suriansyah yang lokasinya tak jauh dari makam.

Ibnu Sina mengatakan, kondisi museum peninggalan barang-barang bersejarah ini kondisinya sudah bagus, karena sebelumnya sempat memprihatinkan.

“Sebelumnya kondisnya sangat memprihatinkan. Sekarang sudah bagus, tertata rapi dan koleksinya juga lengkap,” ujar Ibnu, kepada awak Media.

Ibnu Sina juga mengatakan, ziarah ini sebagai bentuk terimakasih dan penghormatan terhadap perjuangan yang sudah dilakukan oleh pendiri ibu kota di Provinsi Kalsel ini.

"Kita menghormati pendahulu kita yang berjuang sehingga berdirinya kota Banjarmasin," ucap Ibnu.

Untuk diketahui ditetapkannya hari jadi kota Banjarmasin 24 September 1526/6 Zulhijjah 932 H, karena  saat itu Pangeran Samudera memeluk Islam dan bergelar Sultan Suriansyah, kemudian tanggal ini dijadikan Hari Jadi Kota Banjarmasin.

Sementara Hari jadi Kota Banjarmasin tahun 2021 mengusung tema “Kayuh Baimbai untuk Mewujudkan Kota Banjarmasin Baiman, Barasih, wan Nyaman dan Lebih Bermartabat”.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00