Kalsel Kembangkan Olahraga Tradisional Melalui Event Potradnas

Hermansyah

KBRN, Banjarmasin: Guna mendukung kemajuan olahraga tradisional di Kalimantan Selatan (Kalsel), Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel terus melakukan pembinaan melalui event berjenjang seperti Pekan Olahraga Tradisional (Potradnas).

“Kami Dispora Kalsel terus melakukan pembinaan baik melalui induk olahraganya seperti Portina untuk memajukan olahraga tradisional,” kata Kadispora Kalsel, Hermansyah, Jumat (21/1/2022).

Menurutnya, Pemerintah akan selalu melakukan pembinaan dan mendukung cabang olahraga tradisional. Apalagi sekarang olahraga tradisional terus digaungkan oleh Pemerintah Pusat agar tidak tergerus oleh jaman.

Untuk itu, Tahun 2022 Pemprov Kalsel melalui Dispora Kalsel akan mengadakan beberapa event perlombaan olahraga tradisional seperti balogo dan bagasing.

“Melalui event seperti ini kita dapat menjaring bibit atlet olahraga tradisional, dengan harapan nantinya atlet tersebut dapat meraih prestasi di Nasional maupun Internasional,” harapnya.

Selain itu, animo masyarakat kata Hermansyah terkait keberadaan olahraga tradisional di Kalsel sangat luar biasa, termasuk di Banjarmasin sudah banyak kampung bermain olahraga tradisional.

“Ini karena masyarakat Kalsel sangat menyukai olahraga tradisional. Bahkan Kalsel sendiri ada sejumlah cabang tradisional yang sudah go nasional seperti balogo, sumpit bagasing dan terompah,” pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar